Netizen Kecam Kartun yang Lecehkan Tim Voli RI

Kamis, 13 Agustus 2015 - 11:46 WIB
Netizen Kecam Kartun yang Lecehkan Tim Voli RI
Netizen Kecam Kartun yang Lecehkan Tim Voli RI
A A A
JAKARTA - Buntut dari pelecehan yang dilakukan media Amerika Serikat terhadap Indonesia melalui kartun satir berbuntut kecaman dari kalangan netizen. Kartun tersebut jelas sangat menjelekkan martabat bangsa Indonesia dengan menyamakan tim bola voli pantai putri dengan orangutan.

Kasus ini kali pertama mencuat atas keprihatian seorang warga negara Indonesia, Ellie Wibisono yang menuliskan keberatannya melalui blog pribadinya. Ellie membuat surat terbuka pada Boston Globe yang menayangkan kartun hasil buatan sebuah situs kartun, WuMo. (Baca juga : Media AS Lecehkan Indonesia)

Dalam kartun tersebut jelas diperlihatkan bagaimana tim Indonesia digambarkan sebagai orangutan yang tengah bermain voli pantai dengan tim negara lain. Sialnya dalam ilustrasinya ditulis, "Indonesia kembali memenangkan kejuaraan dunia voli pantai."
Netizen Kecam Kartun yang Lecehkan Tim Voli RI


Kontan setelah pemberitaan ini muncul, netizen langsung bereaksi. Sindonews sendiri kebanjiran komentar pedas soal tindakan tercela yang dilakukan media asing tersebut. Pembaca bernama Abu Zhufa Ghozy misalnya, ia menuliskan kalau bangsa AS tidak sadar kalau selama ini mendapatkan pasokan oksigen dari hutan di Indonesia dan Amazon.

"Mereka gak sadar bahwa O2 yg mereka hirup berasal dr hutan indonesia dan amazon. Coba saja d habisin tu hutan. Mau nafas pake tabung?"


Sedangkan komentar lainnya datang dari Hidayat Husnul yang menulis, "akhirnya mereka mengakui bahwa sama monyet pun kalah, belum lawan manusia pacman emoticon."

Bukan hanya sekadar mengecam tindakan media AS, salah seorang pembaca memberikan dukungan terhadap tim voli pantai Indonesia yang dilecehkan. "Terima Kasih Team Bolla Volly Pantai Putri Indonesia...Majuh terus pantang mundur," tulis Su Parman.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6355 seconds (0.1#10.140)