Jelang Big Match: Data dan Fakta Rivalitas Manchester United-Liverpool

Jum'at, 11 September 2015 - 22:58 WIB
Jelang Big Match: Data dan Fakta Rivalitas Manchester United-Liverpool
Jelang Big Match: Data dan Fakta Rivalitas Manchester United-Liverpool
A A A
MANCHESTER - Manchester United dan Liverpool memang bukan berasal dari tim sekota, tapi rivalitas keduanya tidak kalah panas seperti halnya laga derby. Jarak antara kedua kota yakni Manchester dan Merseyside yang saling berdekatan menjadikan pertarungan ini selalu dibumbui gengsi tinggi. Ditambah label tim Inggris paling sukses yang disandang keduanya menjadikan rivalitas United dan Liverpool selalu abadi.

Liverpool memang lebih dulu merasakan kejayaan di Liga Inggris pada periode 1973 sampai 1990-an, lewat 11 gelar Liga Inggris plus empat trofi Juara Eropa. Namun, mulai musim 1993 sukses berbalik jadi milik kubu Setan Merah -julukan United-. Di bawah besutan Sir Alex Ferguson, United sukses menggondol 12 gelar domestik ditambah dua trofi Liga Champions.

Puncak rivalitas keduanya terjadi saat United berhasil menggeser Liverpool dari pemilik gelar Liga Inggris terbanyak sepanjang sejarah. Pasukan Old Trafford sudah mengemas 20 trofi juara, sedangkan The Reds -julukan Liverpool- hanya 18 kali. Persaingan antara pemain kedua kubu juga kerap menjadi warna tersendiri dalam setiap pertemuan Manchester United kontra Liverpool.

Kini keduanya akan kembali bertemu untuk saling jegal pada edisi Liga Inggris terbaru 2015-2016, saat United yang ditangani Louis van Gaal akan menjamu Liverpool di bawah besutan Brendan Rodgers. Dari sekian banyak momen yang terjadi antara kedua klub, berikut data dan fakta rivalitas United dan Liverpool:

- Duel di Old Trafford, Sabtu (12/9/2015) malam WIB akan menjadi pertemuan ke-47 di antara kedua belah pihak di ajang Liga Inggris. Tidak ada dua tim yang bertemu lebih sering ketimbang duel mereka.

- United memenangkan lima dari tujuh pertemuan terakhir dengan Liverpool di Liga Inggris.

- Christian Benteke mencetak gol di dua penampilan terakhirnya di Liga Inggris saat melawan United sewaktu berseragam Aston Villa.

- Pertarungan United dan Liverpool telah menghasilkan 16 kartu merah di Liga Inggris. Hanya laga Everton versus Liverpool dengan jumlah 20 kartu merah yang mampu melebihi catatan tersebut.

- Wayne Rooney memiliki rata-rata mencetak gol di angka 0,23 saat melawan Liverpool di Liga Inggris (5 dari 22 laga).

- Juan Mata mengemas tiga gol dari dua penampilannya melawan Liverpool di Liga Inggris musim lalu.

- Manchester United baru mencatatkan satu kemenangan dari empat pertandingan terakhir Liga Inggris di Old Trafford. Sebelum itu, mereka memenangkan enam laga beruntun di sana.

- Liverpool baru menang sekali dari tujuh lawatan di ajang Liga Inggris terakhir, setelah sebelumnya mencatatkan lima kemenangan dari enam duel.

- Rooney kini mandul di 10 laga Liga Inggris, yang mana menjadi rekor buruknya yang kedua setelah sebelumnya terjadi pada periode Agustus-Desember 2003 kala membela Everton.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7588 seconds (0.1#10.140)