Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 22:30 WIB
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba
A A A
BOSTON - Ditemukannya mantan bintang Los Angeles Lakers, Lamar Odom, dalam keadaan over dosis (OD) di rumah Bordil di Nevada beberapa waktu lalu membuat citra pemain NBA semakin buruk. Sebelum Odom, terdapat beberapa pebasket NBA yang ditemukan dalam keadaan OD.

Kasus Odom tentu sangat menggegerkan jagad NBA tahun ini. Bintang NBA Kobe Bryant yang tampil bersama Odom musim lalu sampai-sampai memposting tulisannya di media sosial saat menanggapi kasus tersebut. Kobe mengaku prihatin dan meminta rekan-rekannya untuk belajar dari kesalakan Odom mengonsumsi obat-obatan.

Sebelumya Odom dilaporkan menenggak obat kuat hingga terkapar di rumah pelacuran di Nevada, Rabu (14/10/2015). Laporan yang berkembang, Kepolisian setempat menduga mantan suami Khloe Kardashian (adik Kim Kardashian) juga mengonsumsi kokain. (Baca juga : Tenggak Obat Kuat, Bintang NBA Pingsan di Rumah Bordil)

Namun sebelum kasus Odom mencuat ke publik, perlu diketahui bahwa bintang NBA lain pernah tersangkut kasus serupa. Berikut ini daftar pebasket NBA yang bermasalah dengan obat-obatan terlarang.

1. Spencer Haywood (Los Angeles Lakers)
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba

Pada 1980 Haywood ditahan kepolisian Los Angeles karena kedapatan membawa kokain dalam jumlah besar. Dalam suatu pertandingan di putaran final NBA tahun 80an dia tertidur di bangku cadangan sepanjang laga. Pelatih Paul Westhead saat itu mengatakan anak asuhnya tidak sanggup bermain menyusul pesta narkoba.

2. Len Bias (Boston Celtics)
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba

Salah satu kisah paling tragis dalam sejarah basket ketika Bias meninggal karena overdosis kokain di University of Maryland, kurang dari 48 jam setelah membawa Boston Celtics juara NBA. Itu adalah kali kedua Celtics berebut gelar juara NBA sepanjang sejarah.

3. Chris Herren (Denver Nuggets)
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba

Herren adalah contoh pecandu yang mampu keluar dari ketergantungan obat. Dia positif menggunakan sabu, opium dan ganja selama 14 tahun sebelum akhirnya berhasil lepas dari pengaruhnya dan bergabung bersama Denver Nuggets pada musim 1999.

4. Roy Tarpley (Dallas Mavericks)
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba

Tarpley merebut enam kali gelar Man of The Years sebagai pebasket paling diingat pada zamannya. Sayang, bintang Dallas Mavericks harus diganjar hukuman larangan bertanding seumur hidup karena terbukti menggunakan kokain pada 1995.

5. Lamar Odom (Los Angeles Lakers)
Menguak Lima Bintang NBA Pecandu Narkoba

Odom ditemukan over dosis di sebuah rumah bordil di Nevada di tahun pertamanya pensiun dari karier basket. Saat ini mantan bintang LA Lakers dirawat di rumah sakit di Nevada dan dinyatakan masih kritis.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9128 seconds (0.1#10.140)