Selain Messi, Ini Pesohor Olah Raga yang Terlibat Skandal Panama Papers

Selasa, 05 April 2016 - 16:32 WIB
Selain Messi, Ini Pesohor Olah Raga yang Terlibat Skandal Panama Papers
Selain Messi, Ini Pesohor Olah Raga yang Terlibat Skandal Panama Papers
A A A
JAKARTA - Praktik penggelapan pajak global tengah mengguncang dunia. Skandal yang dikenal dengan istilah Panama Papers, tak cuma menyerang pejabat politik dari berbagai negara. Ada sejumlah tokoh olah raga yang dianggap menggelapkan harta di wilayah surga pajak.

Panama Papers
berawal dari bocornya laporan perusahaan firma hukum Mossack Fonseca. Sebanyak 11 juta dokumen bocor ke publik yang menunjukkan banyak tokoh dunia saat ini menggunakan jasanya untuk membuat perusahaan offshore di Panama.

Nama Messi pun disebut muncul dalam daftar nama yang dianggap menggelapkan pajak di mana megabintang Barcelona punya satu perusahaan offshore yang bernama Mega Star Enterprise. Meski demikian, perwakilan keluarga dan klub langsung membantah isu tersebut.

Selain Messi, ada empat nama lainnya yang diduga terlibat skandal Panama Papers. Mereka adalah Ivan Zamorano, Gabriel Heinze, Michel Platini, dan Sekretaris Jendral FIFA Jerome Valcke.

1. Ivan Zamorano

Zamorano adalah salah satu legenda hidup sepak bola. Pria yang kini berusia 49 tahun, populer saat membela Real Madrid di musim 1992-1996. Semasa kariernya, rentetan gelar di level klub atau di Timnas Chile sudah ia raih.

Seperti dikutip Eldinamo, Keterkaitan Zamorano dengan skandal Panama Papers disebut terjadi sejak era 1990-an. Saat sukses bersama Real Madrid, ia menampung semua pundi-pundi uangnya di perusahaan offshore Kepulauan Virgin Britania Raya bernama Fut Bam International Ltd.

2. Gabriel Heinze
Heinze merupakan senior Messi di Timnas Argentina. Semasa bermain, pria berambut pirang ini adalah salah satu bek kiri terbaik dunia.

Seperti dikutip Sport24, Heinze yang pernah membela Paris Saint-Germain, Manchester United, dan Real Madrid, disebut terlibat skandal Panama Papers sejak 2005. Ketika itu, ia menyimpan uang hasil sponsor di perusahaan Galena Mills Corp di Kepulauan Virgin Britania Raya. Selain itu, ia juga punya rekening bank di Swiss.

3. Michel Platini
Legenda sepak bola Prancis yang juga mantan presiden UEFA ini memang tengah terjerat skandal suap di tubuh FIFA. Kasus penggelapan pajak Panama Papers pun menambah catatan hitam Platini sejak menjabat jadi petinggi sepak bola dunia.

Laporan Le Monde menyebutkan, Platini disebut terlibat praktik Panama Papers sejak 2007 lalu. Ketika itu ia mengelola perusahaan offshore yang bernama Balney Enterprises Corp ketika diangkat jadi presiden UEFA.

"Berdasarkan pemberitaan investigasi yang diberi nama Panama Papers, Michel Platini ingin membuat penjelasan di mana ia sudah berulang kali menyatakan kepada para wartawan seluruh rekening dan asetnya sudah dikenai pajak oleh otoritas yang berwenang di Swiss sejak tahun 2007," bantah Platini.

4. Jerome Valcke
Petinggi sepak bola yang kini sedang menghadapi kasus korupsi di tubuh FIFA, disebut-sebut terlibat dengan skandal Panama Papers. Pada 2013 lalu, ia membeli sebuah perusahaan bernama Umbrelina SA yang digunakan untuk membeli kapal pesiar.

Selain empat nama di atas, masih ada pegiat sepak bola yang diduga terlibat skandal Panama Papers. Mereka adalah pemain Leicester City Leonardo Ulloa, mantan pemain West Ham United Marc Rieper, mantan pemain Timnas Denmark Brian Steen Nielsen dan eks penggawa Timnas Turki Niat Kahveci. Di luar cabang olah raga, nama pegolf Inggris Nick Faldo dan pembalap Formula 1 asal Jerman Nico Rosberg juga disebut terlibat.

Baca juga :

Bos Adaro Santai Tanggapi Bocornya Data Panama Papers
Cara Ditjen Pajak Gali WP RI yang Masuk Panama Papers
Putin "Dihajar" Media Dunia meski Tak Tercantum di Panama Papers
Panama Papers Bikin Banyak Negara Selidiki Keuangan Orang Kaya
Eight Things to Know About Panama Papers
Indonesia Will Examining a Full List of Panama Papers
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7962 seconds (0.1#10.140)