Iannone dan Pedrosa Sapa Penggemar di Luar Angkasa

Kamis, 07 April 2016 - 15:58 WIB
Iannone dan Pedrosa...
Iannone dan Pedrosa Sapa Penggemar di Luar Angkasa
A A A
TEXAS - Seri ketiga Grand Prix MotoGP bakal bermuara di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (10/4/2016). Andrea Iannone dan Dani Pedrosa, jadi dua pembalap yang beruntung bisa mengunjungi pusat kendali luar angkasa milik NASA di Texas.

Seperti dikutip Road racing world, Kamis (7/4/2016), Iannone dan Pedrosa berkesempatan mengunjungi Johnson Space Center untuk melongok bagaimana manusia di bumi berkomunikasi dengan astronot yang terbang ribuan mil ke luar angkasa. Ditemani legenda balap Kevin Schwantz, mereka mendapat kesempatan langka tersebut.

Ketiga pesohor di lintasan balap itu dipandu oleh astronot Andrew 'Drew' Feustel yang sudah dua kali terbang ke luar angkasa. Di sana, mereka mendapatkan pengalaman berharga bagaimana sensasi berada di planet lain.

Iannone, Pedrosa, Schwantz pertama-tama coba menunggangi MRV atau Modular Robotics Vehicle. Kendaraan yang khusus diciptakan NASA itu punya ban yang bisa berputar 360 derajat yang rencananya akan digunakan di bulan atau planet Mars.

Selanjutnya, ketiga pembalap dibawa masuk ke area Crew Compartment Trainer atau pusat pelatihan awak. Di sana, mereka diberi penjelasan bagaimana para astronot mengendalikan posisi tubuh saat berada di angkasa seperti melayang-layang dalam keadaan horizontal dan vertikal.

Tempat selanjutnya yang dikunjungi Iannone, Pedrosa, dan Schwantz adalah mengunjungi replika ISS atau Stasiun Luar Angkasa Internasional. Di sana, mereka berkesempatan bertemu dengan astronot asal Italia yang juga pernah jadi penghuni ISS, Luca Parmitano. Di sana, Iannone dan Pedrosa juga dibawa mengunjungi ruang kontrol bersejarah yang pernah dijadikan pusat kendali misi Apollo pada tahun 1965-1992 dan berkesempatan mendapat pengetahuan soal misi Apollo 11 hingga ke-13 yang membawa umat manusia pertama kali menjejakkan kakinya di bulan.

Dan kunjungan terakhir Iannone dan Pedrosa adalah yang paling berkesan. Keduanya berkesempatan mengunjungi Pusat Kendali Misi milik NASA dan berkomunikasi dengan Tim Kopra, Tim Peake, dan Jeff Williams yang saat ini berada di ISS. Ketiga awak ISS itu diketahui penggemar berat MotoGP dan berkesempatan bicara dengan idolanya lewat tayangan audio visual. Dalam obrolannya, Pedrosa dan Iannone bertukar informasi soal motor dan roket. Kunjungan tersebut rupanya membuat girang Pedrosa dan Iannone yang langsung mengundang ketiga awak ISS datang menyaksikan balapannya saat tiba di bumi.

Setelah pulang dari markasa NASA, Iannone dan Pedrosa bakal bersaing di Sirkuit Austin dalam seri ketiga MotoGP musim ini. bakal berupaya menebus kesalahannya di Grand Prix Argentina lalu yang membuat Ducati kehilangan podium, salah satunya berhasil direbut Pedrosa. (Baca Juga: Daftar Penguasa Podium di COTA 3 Musim Terakhir)
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8167 seconds (0.1#10.140)