Preview Portugal vs Wales: Kans Akhir CR7 vs Kisah Denmark-Yunani

Rabu, 06 Juli 2016 - 08:01 WIB
Preview Portugal vs Wales: Kans Akhir CR7 vs Kisah Denmark-Yunani
Preview Portugal vs Wales: Kans Akhir CR7 vs Kisah Denmark-Yunani
A A A
LYON - Portugal bakal melakoni laga semifinal ketujuh mereka di turnamen bergengsi dan merupakan yang keempat dari lima gelaran Euro terakhir. Sedang Wales baru menjejak babak empat besar pertama mereka di Piala Eropa.

Ya, dalam bentrok semifinal Piala Eropa 2016 di Parc Olympique Lyonnais, Rabu (6/7) malam waktu setempat atau Kamis (7/7) pukul 02:00 dini hari WIB. Portugal berusaha mencari jalan menuju final kedua mereka di turnamen ini sejak pertama kali mencapainya ketika menjadi tuan rumah Euro 2004.

Akan tetapi, menghadapi Wales yang berstatus tim debutan. Tak lekas membuat A Seleccao das Quinas (julukan Portugal) jadi favorit pemenang laga. Pasalnya di sepanjang Euro 2016, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tampil kurang meyakinkan sejak fase grup hingga perempat-final. Padahal banyak media mengklaim jika ini merupakan kesempatan terakhir CR7 jadi juara Euro.

Tengok saja dengan hasil tiga kali seri yang dipetik pasukan besutan o technico Fernando Santos di babak penyisihan. Padahal lawan-lawannya boleh dikatakan di atas kertas mestinya bisa mereka kalahkan, seperti Islandia, Austria hingga Hungaria.

Lanjut ke 16 besar, Portugal butuh gol Ricardo Quaresma pada menit ke-117 buat mengatasi perlawanan Kroasia. Lalu di perempat-final, Polandia mampu mengimbangi mereka selama 120 menit sebelum menang dalam tos-tosan.

Artinya, selama Euro 2016 Portugal jadi satu-satunya tim yang belum bisa mengalahkan lawannya dalam tempo 90 menit. Nah, apakah Wales bakal menyulitkan CR7 dkk di semifinal hingga lebih dari 90 menit atau kembali terlibat dalam adu penalti?

Skuat The Dragons asuhan Chris Coleman jelas patut diwaspadai Portugal. Karena mereka mengemas dua kemenangan di fase grup, diselingi kekalahan kontroversial 1-2 dari Inggris. Kemudian di 16 besar sempat beruntung usai mendepak Irlandia Utara via gol bunuh diri lawan.

Namun di perempat-final, kualitas Wales seakan membuat generasi emas Belgia tidak ada apa-apanya. Gareth Bale dkk menumbangkan De Rode Duivels 3-1 usai sempat tertinggal gol spektakuler Radja Nainggolan pada menit ke-13.

“Saya benar-benar percaya dan yakin bahwa kami bisa melakukan sesuatu. Itulah sebabnya mengapa saya menjadwalkan liburan mulai 11 Juli. Anda telah melihat kisah dongeng Yunani (2004) serta Denmark (1992) dan mengapa sekarang Anda berpikir kami tidak bisa mengulanginya?” kata Gareth Bale sesumbar jelang laga seperti dilansir The Independent.

Kabar Tim
Aaron Ramsey dan Ben Davies tak bisa memperkuat Wales akibat akumulasi kartu kuning. Mereka bakal digantikan James Collins serta Jonny Williams. Sedang Portugal dipastikah kehilangan William Carvalho juga akibat suspensi dan posisinya akan diisi Danilo. Kondisi Pepe masih diragukan karena cedera paha, meski Fernando Santos berharap dia fit pada waktunya.

Head to head
Dari total tiga pertemuan, Portugal unggul dua kali (skor 3-2 dan 3-0) dalam international friendly match. Sedang Wales mencuri satu kemenangan (skor 2-1) juga dalam event serupa. Jadi ini merupakan bentrok perdana kedua kubu di turnamen kompetitif.

Prediksi Susunan Pemain
Portugal (4-1-3-2)

Rui (g); Soares, Pepe, Fonte, Eliseu; Carvalho; Mario, Sanches, Silva; Nani, Ronaldo

Wales (3-5-1-1)
Hennessey (g); Chester, Williams, Davies; Gunter, Allen, Ledley, Ramsey, Taylor; Bale; Robson-Kanu
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1791 seconds (0.1#10.140)