Preview Grand Prix Jerman: Potensi Marquez Menjauh dari Rival

Minggu, 17 Juli 2016 - 06:32 WIB
Preview Grand Prix Jerman:...
Preview Grand Prix Jerman: Potensi Marquez Menjauh dari Rival
A A A
SACHSENRING - Perebutan juara dunia MotoGP musim ini semakin sengit dan peta persaingan masih belun berubah dari sebelumnya. Itu sebagaimana terlihat dari posisi Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi sebagai kandidat juara di tahun ini.

Sebelum jauh berbicara tentang siapa yang akan juara di tahun ini. SINDOnews mencoba memprediksi tentang pemenang pada balapan seri kesembilan atau balap terakhir paruh pertama di Grand Prix Jerman, Minggu (17/7/2016) malam WIB.

Dari ketiga kandidat yang telah disebutkan di atas hanya Marquez dan Rossi, yang berpeluang mengamankan podium di Sirkuit Sachsenring. Ini dilihat dari pencapaian mereka selama menjalani sesi latihan bebas hingga kualifikasi.

Di kualifikasi Marquez sukses mencatatkan waktu tercepat 1 menit 21.160 detik. Joki Repsol Honda berhasil mengungguli Rossi yang berada di tempat ketiga dengan selisih 0.506 detik.

Artinya, peluang Marquez mencetak kemenangan keempat secara berturut-turut di Sachsenring semakin terbuka. Apalagi juara dunia dua kali di kelas utama mampu menaklukan tikungan 11 yang terkenal angker alias banyak pembalap terjatuh saat akan melintas di tikungan air terjun atau waterfall.

Apabila Marquez mampu menjaga konsistensi selama balapan nanti, potensi dia mengklaim mahkota juara dunia makin besar. Pasalnya posisi Lorenzo untuk mengudeta Baby Alien bakal sulit. Sebab pembalap Movistar Yamaha ini terpaksa memulai balapan dari urutan 11 setelah hanya mencetak waktu 1 menit 22.088 detik di Q1.

Ditambah, Lorenzo sepertinya masih demam panggung mengingat ia dua kali terjatuh di Sachsenring (FP1 dan Q1). Apabila juara dunia musim lalu kembali mengalami nasib sial pada balapan nanti, maka posisinya sebagai runner up di klasemen sementara MotoGP mulai terancam. Pasalnya, Rossi berhasil menempati posisi ideal untuk mengamankan podium pada balapan kali ini.

Walaupun Marquez dijagokan pada balapan kali ini. Namun pembalap top di kelas utama MotoGP tidak bisa serta-merta mengabaikan potensi peserta lainnya.

Hector Barbera misalnya. Pembalap tersebut sukses mengekor kecepatan Marquez dengan terpaut 0.412 detik di kualifikasi. Jadi apapun masih bisa terjadi seperti yang pernah dipertontonkan Jack Miller sewaktu merebut podium pertama di Assen ketika ketiga pembalap keteteran menghadapi kondisi lintasan basah.

Akhir kata, akankah Marquez mampu mempertahankan tradisi menang sekaligus mengklaim namanya sebagai Raja Sirkuit Sachsenring atau justru pembalap lain yang bakal buat penikmat balap MotoGP terkejut? Kita lihat saja apakah jagoan Anda yang bakal menang atau malah gagal menyentuh garis finis.

Baca juga:
Marquez Rebut Pole Position, Rossi Ketiga, Lorenzo ke-11
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5932 seconds (0.1#10.140)