Winglet Jadi Faktor Keperkasaan Ducati di Austria

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 13:33 WIB
Winglet Jadi Faktor...
Winglet Jadi Faktor Keperkasaan Ducati di Austria
A A A
SPIELBERG - Andrea Dovizioso menyebut sayap aerodinamis (winglet) pada motor Desmosedici menjadi faktor keperkasaan Ducati di Austria. Pada sesi latihan hari pertama, dua pembalap Ducati berhasil mencatat waktu terbaik.

Menurut Crash.net, keuntungan Ducati berada pada akselerasi di tikungan lambat. Di mana pada Sirkuit Red Bull Ring, setidaknya terdapat lima area yang bisa dimanfaatkan. Hal tersebut diamini oleh Dovi.

"Saya percaya sayap (winglet) membuat perbedaan. Pada beberapa hal, sayap ini menciptakan akselerasi yang lebih baik di tikungan lambat," kata Dovi, Sabtu (13/8/2016).

Kendati demikian, Dovi tidak menganggap keuntungan tersebut bakal membuat jalannya balapan menjadi mudah untuk Ducati. Menurutnya, persaingan justru bakal berjalan semakin sengit.

"Pasti akan ada tekanan besar pada balapan kali ini. Hal yang biasa karena pembalap hidup dalam tekanan yang besar," lanjutnya.

Di sesi latihan pertama, Dovizioso mencatatkan waktu terbaik 1m 23.617 detik. Sementara itu, Andrea Iannone finis tercepat kedua dengan catatan 1m 23.855s +0.238 detik. (Baca juga: Vinales-Rossi Sengit, Dovizioso Pimpin FP2)

Sekadar informasi, teknologi winglet yang dikembangkan Ducati telah diadopsi sejumlah tim seperti Honda dan Yamaha. Sayangnya, musim depan otoritas balap MotoGP melarang penggunaan winglet.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)