Cabang Ski Air Dipastikan Ikut PON XIX

Jum'at, 09 September 2016 - 19:30 WIB
Cabang Ski Air Dipastikan Ikut PON XIX
Cabang Ski Air Dipastikan Ikut PON XIX
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memastikan cabang olahraga (cabor) ski air bisa dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Venue yang dipersiapkan di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat pun dinyatakan siap.

Menurut laporan yang diterima, Waduk Saguling mengalami penyusutan air 30 sentimeter per hari sehingga memaksa lokasi pertandingan harus digeser ke sebelah timur.

Aher bersama sejumlah pihak terkait pun sudah meninjau lokasi.. Ia ingin memastikan cabor ski air bisa digelar di sana atau tidak. Hasilnya, ski air dinyatakan tetap bisa dipertandingkan.

"Setelah dikoordinasikan, dapat dipastikan bahwa cabor ski tidak perlu dikhawatirkan lagi. Pertandingan dapat digelar sesuai jadwal dan tempat yang sudah dipilih," kata Aher.

Waduk Saguling sendiri sempat mencapai menurun hingga ketinggiannya menjadi 636,25 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan tinggi ideal untuk pertandingan ski air adalah 639 mdpl.

Ahli Muda Perencanaan dan Pengendalian Operasi dan Niaga Indonesia Power UBP Saguling Arief Soyfan mengatakan pihaknya akan berusaha membantu agar cabor skir di lokasi benar-benar siap digelar di lokasi. Ia sedang berkoordinasi dengan Pusat Pengatur Beban (P2B) untuk mengatur jumlah air yang masuk dan keluar di Waduk Saguling.

"Kami akan saling mengkoordinasikan untuk naik ke 637 mdpl dalam waktu dekat, kira-kira naik 1 mdpl," ungkapnya.

Tapi jika ternyata saat pelaksanaan pertandingan titik pertandingan tidak bisa dipakai karena tinggi air yang tidak ideal, opsi lain sudah disiapkan. Venue cadangan disiapkan yaitu dengan menggeser titik pertandingan di lokasi.

"Kita menyiapkan lokasi kedua yang topografinya cocok. Kebetulan tinggi muka air di sana sangat mendukung. Kami bersama TNI sedang menyiapkan sarana pendukungnya," jelas Ketua Bidang Pertandingan PB PON Yudha Munajat.

Cabor ski ari sendiri akan mempertandingkan 12 nomor, di antaranya nomor perorangan jumping putra-putri, perorangan overall putra-putri, dan perorangan slalom putra-putri.

Kontingen Jawa Barat akan turun di semua nomor pada cabor ski air. Sebanyak enam medali emas ditargetkan mampu disabet Jawa Barat.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3742 seconds (0.1#10.140)