Pemeriksaan Awal Punggung Iannone Patah

Sabtu, 10 September 2016 - 12:19 WIB
Pemeriksaan Awal Punggung Iannone Patah
Pemeriksaan Awal Punggung Iannone Patah
A A A
MISANO - Andrea Iannone dilaporkan akan menjalani pemeriksaan pada hari ini, Sabtu (10/9/2016), untuk menentukan apakah dia bisa ikut pada balapan seri ke-13 di Sirkuit Misano, Italia. Itu sebagaimana diutarakan Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti.

Peluang Iannone tampil di depan pendukungnya pada akhir pekan masih diragukan setelah The Maniac Joe terjatuh di tikungan ke-12 saat menjalani sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Misano, Jumat (9/9) kemarin. Jika dilihat dari tayangan ulang insiden yang menimpa joki Ducati tersebut sangat fatal dimana pemilik nomor 29 terlempar ke kerikil setelah kehilangan keseimbangan.

Setelah menutup rangkaian sesi latihan bebas di hari pertama, Iannone segera dilarikan ke rumah sakit di wilayah Cesena, Italia, guna memastikan kondisi cedera yang dialaminya tersebut. Selanjutnya tim medis kembali akan memeriksa pembalap Ducati jelang FP3 yang rencananya akan berlangsung sore nanti.

Menurut Ciabatti, hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Iannone akan tampil di Grand Prix San Marino atau tidak. "Dia (Iannone) jatuh dan punggungnya menghantam kerikil. Ketika kembali ke paddock ia mengaku merasa nyeri pada bagian punggungnya. Dia pun langsung di bawa ke pusat medis di sirkuit untuk menjalani beberapa pemeriksaan x-ray dan MRI. Dari hasil pemeriksaan awal tidak ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tapi tim tetap mengambil keputusan untuk membawanya ke rumah sakit di Cesena menggunakan helikopter untuk mendapatkan pemeriksaan CT scan," ungkap Ciabatti seperti dikutip Crash.

Dari hasil CT scan menunjukkan jika Iannone mengalami masalah fraktur D3 (patah tulang) di punggungnya. Ditambahkan Ciabatti, karenanya ia tidak bisa bergerak leluasa terutama pada bagian tersebut dan kepala. Tim medis pun mengatakan kepada tim bahwa ia kemungkinan tidak bisa tampil di San Marino, namun dokter yang menangani mengatakan akan memastikan kondisinya jelang FP3.

"Kesehatan Iannone akan ditinjau lebih jauh. Berarti pagi ini mereka akan memeriksanya untuk melihat apakah Iannone dapat ambil bagian pada balapan nanti atau tidak. Setidaknya jika rasa sakit pada bagian punggung itu hilang, dan dia bisa melakukan beberapa gerakan normal saat berada di motor, maka dia kemungkinan akan tampil. Namun tim dokter mengatakan akan melihat apakah Iannone benar-benar fit untuk tampil di FP3 atau tidak."

Ditanya apakah Ciabatti merasa memungkinkan Iannone untuk bersaing pada hari ini bisa menimbulkan risiko potensial terhadap kebugaran jangka panjang, dia menjelaskan ini tergantung bagaimana penilaian dari kedua dokter lokal dan spesialis Ducati.

"Saya bukan dokter. Jelas kami telah mengirim gambar dari hasil scan dokter kami untuk mendapatkan pendapat mereka. Kita harus percaya apa yang para dokter di sini mengatakan. Jika mereka mengatakan bahwa asalkan ia tidak merasa begitu banyak rasa sakit dan dia bisa tidur nyenyak malam ini, dan mampu untuk berada di motor dengan nyaman hari ini maka kami akan menuruti perintah itu. saya pikir kami harus mempercayai mereka. Saya tidak bisa menilai karena saya tidak tahu hasil scan ditambah saya bukan dokter. Jadi saya tidak tahu apakah itu jenis fraktur adalah sesuatu yang mengkhawatirkan atau tidak, terlepas dari rasa sakit. Mereka adalah profesional. Mereka tahu apa yang mereka lakukan sehingga kita harus mempercayai mereka," tutup Ciabatti.

Baca juga:
Ditegur Race Director, Aleix Espargaro Bilang Rossi Suruh Minum Teh
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6523 seconds (0.1#10.140)