Data dan Fakta Menarik Manchester United vs Zorya Luhansk

Kamis, 29 September 2016 - 08:00 WIB
Data dan Fakta Menarik Manchester United vs Zorya Luhansk
Data dan Fakta Menarik Manchester United vs Zorya Luhansk
A A A
MANCHESTER - Para penggemar global Manchester United (MU) pasti penasaran dengan Zorya Luhansk, calon lawan klub kesayangan mereka pada matchday II fase Grup A Liga Europa 2016/17 di Stadion Old Trafford, Kamis (29/9) malam waktu setempat atau Jumat (30/9) dini hari WIB. Siapa sebenarnya Zorya Luhansk?

Zorya Luhansk ternyata memiliki nama besar di era Uni Soviet 1970-an. Dan kini mereka terlahir kembali. Namu klub yang dididirikan pada 1923 tersebut, sekarang menjadi bagian dari Ukraina.

Mereka pernah jadi juara Liga Uni Soviet pada 1972 di bawah asuhan Herman Zonin dengan nama Zorya Voroshilovgrad. Kini Luhansk jadi nama belakang mereka karena waktu itu menghormati seorang politisi sekaligus pimpinan militer Kliment Voroshilov.

MU sebagai tuan rumah, kali ini akan mencari kemenangan pertamanya di fase grup Liga Europa 2016/17 setelah pada matchday I membawa pulang kekalahan 0-1 dari markas Feyenoord Rotterdam dua pekan silam. Sedang Zorya diimbangi tamunya, Fenerbahce, 1-1.

Namun The Red Devils arahan Jose Mouriho patut berhati-hati dengan agresivitas Zorya di kandang lawan musim ini. Berikut data dan fakta menarik dari bentrok MU vs Zorya.

Head to head
*Kedua belum pernah berduel di kompetisi antar klub Eropa. Laga ini bagi Zorya merupakan duel pertama kali mereka dengan klub asal Inggris.

*MU tidak terkalahkan dalam enam laga kontra wakil Ukraina di ajang Eropa (4 menang, 2 seri) dan telah menyapu bersih tiga lawan Ukraina mereka di Old Trafford tanpa sekalipun kebobolan.

Fakta menarik
*MU tidak terkalahkan dari 11 pertandingan kandang mereka di ajang Eropa (menang 8, seri 3) sejak dipermalukan 1-2 oleh Real Madrid pada Babak 16 Besar Liga Champions Maret 2013. Tapi di sisi lain, MU hanya menang sekali dari enam laga kandang mereka pada ajang Piala UEFA dan Liga Europa (1 menang, 3 seri, 2 kalah).

*Ini adalah untuk pertama kalinya Manchester United tampil di fase grup Liga Europa, kompetisi yang sejatinya belum pernah mereka menangkan.

*Musim ini adalah debut Zorya Luhansk di fase grup Liga Europa.

*Dari tujuh laga tandang mereka sebelumnya di kompetisi antar klub Eropa, Zorya telah mencatat rekor 4 menang, 1 seri, 2 kalah. Dan mereka hanya sekali gagal menjebol gawang tuan rumah dengan rataan mencetak gol saat tandang hampir mencapai 2 gol/laga.

Trivia
*Zorya Luhansk akan melakukan perjalanan 2.900 km ke Manchester.

*Ini adalah musim pertama Zlatan Ibrahimovic di Liga Europa sejak terakhir kalinya pada 2001/02 bersama Ajax Amsterdam. Rapornya dari lima pertandingan ajang ini adalah mencetak 2 gol.

*Wayne Rooney hanya butuh sebiji gol lagi untuk menyamai pencapaian Ruud van Nistelrooy dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United di kompetisi antar klub Eropa (37 gol).

*Kiper MU, David de Gea, memiliki kesempatan mencatat penampilan ke-50 di arena antar klub Eropa kalau tampil di laga ini.

*Kakak gelandang MU, Paul Pogba, yakni Florentin Pogba ternyata juga ikut bermain di fase grup Liga Europa 2016/17 buat St-Etienne.

Pelatih
*Jose Mourinho baru menjadi manajer/pelatih Manchester United pada musim panas 2016. Dia punya prestasi memenangkan Liga Champions bersama FC Porto, lalu meraih treble winners dengan Inter Milan dan mengantar Chelsea merebut tiga gelar Liga Primer Inggris.

*Kali terakhir Jose Mourinho memimpin tim di Liga Europa adalah pada 2002/03, yakni ketika FC Porto keluar sebagai juara Piala UEFA dengan mengalahkan Celtic 3-2.

*Yuriy Vernydub telah menjadi pelatih Zorya sejak naik pangkat dari asisten pelatih pada November 2011. Dia pernah mengantar Zenit St. Petersburg meraih Piala Rusia 1999 semasa bermain. Musim lalu dia membawa Zorya finis di peringkat empat Liga Ukraina.

*Anak kandung Yuriy Vernydub, Vitaliy, juga bermain di fase grup Liga Europa 2016/17 bersama Gabala.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7032 seconds (0.1#10.140)