Pernyataan Komisi Keselamatan Soal Kualifikasi MotoGP Qatar Batal Digelar

Minggu, 26 Maret 2017 - 02:57 WIB
Pernyataan Komisi Keselamatan Soal Kualifikasi MotoGP Qatar Batal Digelar
Pernyataan Komisi Keselamatan Soal Kualifikasi MotoGP Qatar Batal Digelar
A A A
DOHA - Ketua Komisi Keselamatan MotoGP Loris Capirossi mengungkap alasan utama mengapa sesi kualifikasi Grand Prix MotoGP Qatar batal digelar. Masalah drainase Sirkuit Internasional Losail jadi penyebab utamanya.

Beberapa sesi di hari kedua jelang Grand Prix Qatar, Sabtu (25/3/2017) waktu setempat sempat batal digelar. Penyebabnya adalah kondisi trek yang tidak memungkinkan dipakai.

Hujan yang turun membuat trek basah. Saat reda, ternyata lintasan tak juga kering yang membuat semua sesi di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3 akhirnya dibatalkan, termasuk kualifikasi.

Di sesi konferensi pers, Capirossi menilai kendala drainase sirkuit jadi penyebab utama mengapa semua sesi dibatalkan. Kondisi trek yang terlalu basah sehingga menimbulkan genangan air di beberapa area ternyata di luar prediksi.

"Kami coba menggelar sesi latihan dan berpikir bisa mengatasi masalah ini, tapi pada akhirnya kami sadar jika masalah ini terlalu besar sehingga diputuskan untuk membatalkan semuanya. Kendala utamanya adalah trek tidak punya drainase sebab biasanya kami tidak berharap akan turun hujan," ucap Capirossi.

"Kami menggelar tes di kelas Moto3 dan Moto2, tapi ternyata hari ini beginilah kondisinya. Tentu kami akan bekerja keras untuk tahun depan, tapi untuk sekarang ya seperti ini. Besok, kami akan beri sesi pemanasan yang lebih banyak untuk semua kelas dan tentunya semoga cuaca bagus,"

"Malam ini kami terus bekerja dan coba mengatasi masalah sebisa mungkin. Kami juga terus bekerja keras agar bisa punya situasi yang bagus untuk sore atau malam harinya,"

"Di area Turn 8 sudah hampir mirip danau. Kendala tanpa drainase membuat air muncul dari bawah tanah. Kami coba menghilangkannya dengan pompa, sempat kami berpikir itu ide yang bagus, tapi sepuluh menit kemudian air muncul lagi. Ini yang sedang kami atasi sekarang," tutupnya.

Kendati kualifikasi batal digelar, peraih pole tetap ditentukan hari ini dengan mencari pemilik akumulasi waktu terbaik di sesi latihan bebas. Di MotoGP, rider Yamaha Movistar Maverick Vinales bakal start terdepan, disusul Andrea Iannone (Suzuki) dan Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi dua dan tiga. (Baca Juga: Vinales Pole Position, Ini Line Up Start MotoGP Qatar )
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)