Habis Crash di MotoGP Prancis, Marquez Mengeluh Motor Honda

Selasa, 23 Mei 2017 - 16:00 WIB
Habis Crash di MotoGP Prancis, Marquez Mengeluh Motor Honda
Habis Crash di MotoGP Prancis, Marquez Mengeluh Motor Honda
A A A
LE MANS - Walau punya modal hebat sebelum akhir pekan lomba MotoGP Prancis 2017. Marc Marquez justru tersungkur bersama motor Honda RC213V yang ia geber saat balapan di sirkuit Le Mans, Minggu (21/5).

Ya, Marc Marquez membuka akhir pekan MotoGP Prancis 2017 dengan bekal kemenangan di MotoGP Austin dan finis kedua di MotoGP Jerez. Selepas start di Le Mans, ia berada di posisi kelima dan menempel tiga pembalap Yamaha yang ada di depannya. Ia juga tampak bakal meramaikan perebutan podium.

Namun Marquez kehilangan front end (grip/daya cengkeram) bagian depan di chicane pertama pada lap 18. Pembalap tim Repsol Honda itupun terjatuh. Ini kali kedua sang pembalap tak finis dalam lima balapan terakhir. Sebelumnya, ia mengalami kecelakaan di Free Practice 4 dan saat fase kedua kualifikasi (Q2).
Marc Marquez (Repsol Honda) saat crash di akhir pekan lomba MotoGP Prancis 2017 Sirkuit Le Mans. (Foto-Motorsport)
Apakah ini pertanda Marquez bakal gagal mempertahankan gelar juara dunia MotoGP? Sekarang, ia bertengger di urutan keempat klasemen sementara pembalap dengan raihan 58 poin. Di posisi teratas saat ini ada Maverick Vinales (85), diikuti Dani Pedrosa (68), dan Valentino Rossi (62) melengkapi tiga besar.

“Ini disayangkan karena saya sangat fokus untuk menyelesaikan balapan. Sejak kemarin, saya tidak pernah benar-benar nyaman dengan front end dan sepertinya sektor pertama trek bukan sektor saya akhir pekan ini,” tutur Marquez seperti dilaporkan Motorsport.

“Saya start cukup baik saat balapan. Selangkah demi selangkah, saya mulai merasa baik dengan motor. Tapi lalu tiba-tiba, para pembalap Yamaha mulai lebih cepat dan semakin kencang,” imbuhnya.
Marc Marquez (Repsol Honda) saat crash di akhir pekan lomba MotoGP Prancis 2017 Sirkuit Le Mans. (Foto-NDTV)
Pembalap 24 tahun itu kemudian menjelaskan: “Saya tahu di mana ritme saya. Saya juga bertahan di sana pada catatan waktu saya, karena tahu performa motor Yamaha sangat bagus.”

“Saya berhati-hati di beberapa titik sirkuit di mana kecelakaan biasanya terjadi atau di mana Anda pada limit. Tapi lalu di tikungan 1, saya membuat kesalahan dan setelah melewati bump (permukaan trek tidak rata/bergelombang) saya kehilangan front end,” kata juara dunia tiga kali kelas bergengsi bersama Honda itu.

Kecelakaan yang dialami Marquez seolah mengingatkan insiden serupa pada Jack Miller saat FP4, Sabtu (20/5). Akan tetapi, pembalap Spanyol itu trek sependapat.

“Motor sedikit tidak stabil di tikungan cepat. Menurut saya, Jack kecelakaan dalam cara berbeda. Itu terjadi ketika dia menyentuh rem depan. Saya menarik gas dan kehilangan front end. Mungkin saya terlalu sedikit memaksa (masuk tikungan), karena saya sedikit bergoyang di pertengahan tikungan,” ulas Marquez.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7912 seconds (0.1#10.140)