Pelatih Fisik Persib: Tingkatkan Kebugaran Cole Ada Prosedurnya

Selasa, 23 Mei 2017 - 19:53 WIB
Pelatih Fisik Persib: Tingkatkan Kebugaran Cole Ada Prosedurnya
Pelatih Fisik Persib: Tingkatkan Kebugaran Cole Ada Prosedurnya
A A A
BANDUNG - Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya mendapat tugas dari manajer tim Umuh Muchtar, yakni meningkatkan fisik Carlton Cole. Sejauh ini, kondisi striker asal Inggris itu dinilai cukup buruk. ‎

Masih lemahnya fisik Cole terlihat pada dua laga terbaru Persib kontra Semen Padang dan Pusamania Borneo FC. Mantan penggawa West Ham United ini hanya mengisi bangku cadangan lantaran tingkat kebugarannya belum sesuai harapan.

Yaya menegaskan meningkatkan fisik pemain Persib adalah kewajibannya. Tidak hanya Cole saja, seluruh pemain Maung Bandung juga tidak luput jadi perhatiannya. Jadi tidak perlu ada perintah khusus.

"Meski tidak ditugaskan, itu sudah kewajiban saya dan Pak Djadjang (headcoach) Nurdjaman untuk membuat bagaimana penampilan tim terutama kondisi fisik," ujar Yaya di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Yaya menjelaskan untuk meningkatkan fisik pemain diperlukan beberapa tahapan, tidak bisa cepat apalagi instan. Soalnya, jika terlalu dipaksakan justru bisa menyebabkan pemain cedera.

"Kami pernah buat (menu tambahan untuk Cole). Tapi, berhasil atau tidaknya itu fluktuatif. Karena peningkatan fisik ini tidak bisa secara instan. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti usia, intensitas bermain di klub sebelumnya hingga riwayat cedera," tambah Yaya.

Yaya menyatakan tidak bisa menentukan kapan Cole bisa tampil lebih lama, apa lagi hingga 90 menit. Sebab, terapi yang dilakukan tidak bisa sekaligus. Ada proses yang harus dilalui agar hasilnya bisa memuaskan.

"Saya harus perlahan. Karena ketika dia (Cole) kelelahan, besoknya dia akan berat untuk latihan lagi. Kalau saya kasih program semua atau sampai titik konstan, bisa jadi cedera," sambung Yaya.

Namun, Yaya memastikan kondisi fisik Cole saat ini sudah jauh lebih baik. Mungkin saja pada laga tandang kontra Bali United di stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu (31/52017) bisa diturunkan. Tapi, itu tergantung keputusan pelatih Djadjang Nurdjaman.

"Lawan Bali United, Insya Allah (Cole) bisa sampai 45 menit. Tapi, saya pikir tergantung bagaimana kami memberikan kepercayaan kepadanya dan dapat support dari semua pemain. Saya pikir semua pemain akan termotivasi," pungkas Yaya.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6084 seconds (0.1#10.140)