Persebaya Surabaya Tunjuk Angel Alfredo Vera Sebagai Pelatih

Sabtu, 27 Mei 2017 - 19:50 WIB
Persebaya Surabaya Tunjuk Angel Alfredo Vera Sebagai Pelatih
Persebaya Surabaya Tunjuk Angel Alfredo Vera Sebagai Pelatih
A A A
SURABAYA - Usai mengeksplorasi sejumlah opsi dalam beberapa pekan terakhir, manajemen Persebaya Surabaya akhirnya menentukan sosok pelatih kepala untuk menggantikan Iwan Setiawan. Pilihan itu dijatuhkan kepada Angel Alfredo Vera, pelatih berkebangsaan Argentina. Pria 44 tahun itu diperkenalkan sebagai arsitek klub berjuluk Green Force di Wisma Persebaya, Jalan Karanggayam Surabaya, Sabtu (27/5).

Nama Angel Alfredo Vera sudah tak asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Bapak dua anak ini terpilih sebagai pelatih terbaik pada gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu. Menyusul keberhasilannya mengantarkan Persipura Jayapura sebagai juara.

Masuk sebagai pelatih pengganti sejak pekan ke-14 ISC A, Alfredo mampu mengatrol posisi Persipura yang sempat terseok-seok pada awal kompetisi. Di tangan Alfredo, Persipura saat itu langsung melesat ke puncak lewat torehan 15 kali kemenangan, 4 kali seri, dan hanya menelan 2 kali kalah. Selama ditukangi Alfredo, Persipura memasukkan 38 gol, dan kemasukan 13 gol.

Sentuhan ala Tango itulah yang diharapkan dapat ’ditularkan’ Alfredo kepada Rendi Irwan dkk yang sedang berjuang di penyisihan Grup 5 Liga 2. Kemampuan meracik strategi jitu dan mengangkat moril akan sangat berguna bagi Persebaya yang didominasi pemain muda.

Atas pertimbangan itulah, manajemen menjatuhkan pilihan kepada mantan defender yang pernah merumput bersama PSS Sleman pada musim 2008-2009 itu. Alfredo berhasil menyisihkan beberapa nama kandidat lain untuk mengisi posisi sebagai pelatih kepala Persebaya.

”Ada begitu banyak pelatih menyatakan minat dan menghubungi Persebaya dalam beberapa pekan terakhir. Ada sejumlah pelatih pula telah kami hubungi, bahkan temui dan wawancara langsung. Pada akhirnya, kami merasa cocok dan nyaman dengan Alfredo. Selain punya track record baik, dia juga sudah sangat siap, sudah punya visi dan perencanaan yang detail untuk Persebaya di masa istirahat ini,” kata Azrul Ananda, presiden klub Persebaya dalam rilis yang diterima SINDOnews.

Bersamaan dengan Alfredo, manajemen Persebaya juga mengikat kontrak Esteban Horacio Busto. Mantan gelandang berkebangsaan Argentina yang pernah merumput bersama Persis Solo dan Persikota Tangerang itu diplot sebagai asisten pelatih.

”Senang rasanya mendapat kesempatan menangani tim yang hebat, dengan nama dan reputasi besar. Di satu sisi saya bangga dan senang, di sisi lain, ini tugas yang sangat berat karena ekspektasi yang begitu besar,” ujar Alfredo, yang telah mempelajari secara khusus tim Persebaya dalam beberapa pertandingan terakhir.

Alfredo akan langsung memimpin latihan mulai Senin lusa (29/5). Bertepatan dengan berakhirnya masa libur sepekan yang diberikan kepada Rendi Irwan dkk dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Azrul Ananda mengharapkan doa dan dukungan dari para penggemar Persebaya untuk barisan pelatih baru ini. “Mari beri mereka waktu dan ketenangan untuk fokus menghadapi kelanjutan Liga 2 setelah Idul Fitri nanti. Kami ingin menyuguhkan yang terbaik, meraih hasil yang terbaik,” tukasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6763 seconds (0.1#10.140)