Tim Balap Baru dari Serbia Segera Gabung Formula 1

Rabu, 12 Juli 2017 - 15:08 WIB
Tim Balap Baru dari Serbia Segera Gabung Formula 1
Tim Balap Baru dari Serbia Segera Gabung Formula 1
A A A
SPIELBERG - Wacana Kejuaraan Dunia Formula Satu (F1) sedang berusaha menambah tim peserta untuk musim-musim berikutnya, sepertinya tengah digodok dengan serius. Bukti terbaru soal itu datang dari Parma, Italia.

Ya, Zoran Stefanovic, pria di balik rencana tim Stefan GP pada 2010, kini mengungkapkan rencana terbarunya untuk mencoba kembali masuk ke Formula 1 setelah bertemu dengan Ross Brawn di F1 GP Austria 2017 akhir pekan lalu.

Seperti diketahui, Stefanovic sebelumnya telah bekerja keras untuk bisa masuk ke F1 2010. Ia bahkan sudah mencapai kesepakatan untuk menggunakan sasis Toyota dan merekrut pembalap Jepang, Kazuki Nakajima.

Tapi proyeknya saat itu harus dihentikan setelah Stefanovic tidak mendapat persetujuan dari FIA. Di tengah-tengah rumor munculnya tim-tim baru, salah satunya dari China F1 Racing Team, Stefanovic mengungkapkan bahwa dirinya tengah menyiapkan rencana baru untuk mendirikan tim yang akan bermarkas di Italia, tepatnya di Parma.

Adapun langkah Stefanovic kali ini tak main-main. Karena ia juga telah merekrut mantan personel Williams dan Ferrari, Enrique Scalabroni, untuk memegang tanggung jawab di bagian teknis tim barunya.

Perjanjian untuk memakai fasilitas terowongan angin juga telah tercapai. "Saya di sini untuk bertemu Ross Brawn, karena saya ingin mendirikan tim F1 yang akan bermarkas di Italia," ujar Stefanovic yang berbicara secara eksklusif kepada Motorsport.com.

"Sebelum datang ke Austria, saya telah melakukan perjanjian-perjanjian yang sangat penting. (Tim) ini akan bermarkas di Parma, yang bertempat tidak terlalu jauh dari fasilitas terowongan angin. Saya juga telah merekrut spesialis aerodinamika untuk bekerja di proyek ini," beber pria Serbia yang berprofesi sebagai insinyur dan pebisnis tersebut.

Sementara presiden FIA, Jean Todt, sebelumnya telah berkata bahwa ia hanya akan membuka undangan kepada tim baru jika ada kandidat-kandidat yang memang serius.

"Untuk saat ini kita memiliki 10 tim, dan idealnya kami ingin menambahkannya hingga 12 tim. Jadi jika ada kesempatan, apabila ada satu atau dua kandidat tim baru yang serius, maka itu bisa menjadi kenyataan."

Perlu diketahui pula, usaha pertama Stefanovic memasukkan timnya di F1 sudah ia perjuangkan sejak 1996 dan 1997. Di mana waktu itu ia mencoba kesempatan untuk membeli sejumlah aset tim Lola Racing.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7060 seconds (0.1#10.140)
pixels