P1 F1 GP Inggris: Red Bull Pepet Mercedes, Ferrari Uji Pelindung Kokpit

Jum'at, 14 Juli 2017 - 17:36 WIB
P1 F1 GP Inggris: Red Bull Pepet Mercedes, Ferrari Uji Pelindung Kokpit
P1 F1 GP Inggris: Red Bull Pepet Mercedes, Ferrari Uji Pelindung Kokpit
A A A
SILVERSTONE - Valtteri Bottas, pemenang seri ke-9 musim ini yaitu F1 GP Austria 2017. Melanjutkan performa positifnya pada sesi latihan bebas pertama (FP1) seri ke-10, F1 GP Inggris 2017, di sirkuit Silverstone, Jumat (14/7) sore WIB.

Ya, pembalap Finlandia itu unggul 0,078 detik di depan rekan setimnya, Lewis Hamilton, untuk melengkapi raihan 1-2 Mercedes di sesi latihan pertama F1 GP Inggris 2017. Keduanya mencetak waktu tercepat mereka saat menggunakan ban Pirelli kompon soft berwarna kuning.
Sebastian Vettel (Ferrari) saat menguji shield pada FP1 F1 GP Inggris 2017 di sirkuit Silverstone. (Foto-F1) 2
Reporter Motorsport.com, Edd Straw, yang melaporkan langsung dari sirkuit Silverstone. Mengabarkan pula bahwa Ferrari dan Sebastian Vettel, jadi tim dan pembalap pertama yang menguji coba perangkat pelindung kokpit Shield sejak konsenya diperkenalkan pada April silam.

Saat lampu hijau menyala di ujung pitlane, Vettel menjadi pembalap pertama yang turun ke lintasan. Setelah hanya melakukan satu putaran, perangkat Shield terlihat langsung dilepas dari mobil Ferrari SF70. Belum diketahui apakah Vettel atau Ferrari akan kembali menguji perangkat tersebut pada sisa pekan ini.

Kemudian setelah diselingi oleh masalah rem yang dialami Stoffel Vandoorne pada mobil McLarennya. Plus putaran instalasi Max Verstappen di atas mobil Red Bull Racing. Hampir 10 menit lintasan Silverstone sepi dari aksi mobil.
Sebastian Vettel (Ferrari) saat melintir pada FP1 F1 GP Inggris 2017 di sirkuit Silverstone. (Foto-F1)
Kimi Raikkonen mengaspal lagi, kini dengan kompon Pirelli supersoft. Pembalap Finlandia itu kemudian mencetak waktu kompetitif pertama di sesi ini, 1 menit 32,533 detik. Vettel kembali turun ke lintasan, kini tanpa perangkat Shield. Tapi juara dunia empat kali itu justru melintir di tikungan Becketts. "Mobil sepertinya baik-baik saja... ban mengalami flat-spot," lapor Vettel kepada timnya.

Setelah 35 menit sesi FP1 berjalan, skuat Mercedes mulai menunjukkan taring mereka. Setelah sempat bergantian dengan rekan setimnya, Bottas naik ke posisi puncak dengan raihan waktu 1 menit 29,651 detik. Sementara Verstappen naik ke posisi ketiga setelah pembalap Red Bull itu mencetak waktu 1 menit 30,225 detik, terpaut 0,574 detik dari raihan Bottas.
Beberapa bagian tersempal dari mobil Felipe Massa (tim Williams) di FP1 F1 GP Inggris 2017. (Foto-F1)
Bendera kuning sempat dikibaskan untuk membersihkan serpihan-serpihan mobil yang terlihat terlepas dari mobil Williams yang dikemudikan Felipe Massa. Saat sesi kembali dilanjutkan, Bottas kembali mempertajam raihan waktunya menjadi 0,545 detik lebih cepat dengan kompon soft baru. Hamilton juga memperbaiki waktunya, tapi bertahan di posisi kedua dengan waktu 1 menit 29,184 detik, menggunakan set kompon soft bekas.

Daniel Ricciardo kemudian sempat mengambil alih posisi ketiga sebelum kembali direbut rekan setimnya, Verstappen, yang berhasil mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 29,604 detik. Saat bendera finis dikibaskan, duo Red Bull berhasil unggul di atas Ferrari pada sesi pembuka pekan ini.

Verstappen menempati urutan ketiga, di depan Ricciardo yang unggul 0,195 detik di depan pembalap tercepat Ferrari, Raikkonen. Adapun usai jadi pembalap pertama yang menguji perangkat pelindung kokpit Shield, Vettel menyelesaikan sesi latihan pertama di urutan keenam, terpaut 1,411 detik dari raihan tercepat.

Berikut hasil catatan waktu pembalap pada sesi latihan bebas pertama (FP1) F1 GP Inggris 2017 di sirkuit Silverstone, Jumat (14/7) sore WIB:
Hasil catatan waktu pembalap pada FP1 F1 GP Inggris 2017 di sirkuit Silverstone. (Foto-F1)
*Sesi latihan kedua F1 GP Inggris 2017 akan dimulai pada Jumat (14/7) pukul 19:00 malam WIB.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6921 seconds (0.1#10.140)