Menpora Salut dengan Aksi Damai Viking dan Jakmania

Rabu, 02 Agustus 2017 - 11:54 WIB
Menpora Salut dengan Aksi Damai Viking dan Jakmania
Menpora Salut dengan Aksi Damai Viking dan Jakmania
A A A
BANDUNG - Langkah perdamaian yang dilakukan kelompok suporter Persib Bandung (Viking) dan suporter Persija Jakarta (Jakmania) mendapat tanggapan positif dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Menurutnya, perdamaian kedua kubu bisa menjadi jalan pembuka yang akan diikuti oleh kelompok suporter lain.

"Terima kasih sahabat-sahabatku Viking dan The Jakmania. Tentu kalian akan jadi promotor, kalian akan jadi yang terdepan nanti untuk mengembalikan semangat para suporter Tanah Air untuk islah," ucap Menpora seusai kegiatan wisuda sarjana Universitas Padjadjaran (Unpad) di Grha Sanusi Hardjadinata, Bandung, Selasa (1/8/2017).

Rencana perdamaian ini muncul usai kejadian memilukan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 22 Juli 2017 lalu. Ketika itu terjadi pengeroyokan terhadap Ricko Andrean saat laga Persib melawan Persija sedang memasuki masa istirahat.

Korban pengeroyokan dinyatakan meninggal dunia usai dirawat selama lima hari. Sejak itulah, baik Viking serta Jakmania sepakat untuk menyudahi permusuhan dan membuka lembaran baru.

Usulan tersebut bukan hanya sekadar wacana. Sebagai simbol perdamaian, kedua kelompok suporter telah bertemu dan kompak menyalakan lilin di Stadion Patriot, Bekasi, 28 Juli 2017 lalu.

Rencananya Menpora akan mempertemukan seluruh suporter pada Kamis (3/8/2017). Nantinya pertemuan ini juga melibatkan pimpinan PSSI, kepolisian, dan perwakilan dari PT Liga Indonesia Baru. (Baca Juga: Besok, Kemenpora Kumpulkan Perwakilan Suporter(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5891 seconds (0.1#10.140)