Kepindahan Neymar Jr di Luar Rasional

Jum'at, 04 Agustus 2017 - 10:30 WIB
Kepindahan Neymar Jr di Luar Rasional
Kepindahan Neymar Jr di Luar Rasional
A A A
PARIS - Arsene Wenger mengecam kesepakatan Neymar Jr untuk berpindah klub dari Barcelona ke Paris Saint Germain (PSG) di bursa transfer musim panas ini. Pelatih Arsenal itu menggambarkan kepindahannya itu berada di luar rasional dan ini diibaratkan seperti negara memiliki sebuah klub sepak bola dunia.

Qatar Sports Investments menjadi pemegang saham mayoritas klub Ligue 1 sejak tahun 2011 dan telah mulai menjadi berita utama mengingat mereka berhasil membawa pemain dengan nilai transfer fantastis. Terbaru, ada nama Neymar Jr yang sukses diboyong ke Parc des Princes dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar 222 juta euro atau sekira Rp3,4 triliun.

Menurut sejumlah laporan, Neymar Jr akan menerima gaji sebesar 30 juta per tahun. Inilah yang membuat Wenger menggelengkan kepala, sebab itu merupakan sesuatu yang tak normal. Hal ini tak lepas dari kehadiran pemilik klub asal Qatar yang telah memberikan keuntungan buat PSG.

"Bagi saya, ini adalah konsekuensi dari kepemilikan dan itu telah mengubah keseluruhan sepak bola dalam 15 tahun terakhir. Sekali sebuah negara memiliki sebuah klub, semuanya mungkin, menjadi sangat sulit untuk menghormati Financial Fair Play (FPP), karena Anda dapat memiliki cara yang berbeda atau kepentingan yang berbeda," kata Wenger seperti dikutip dari ESPN, Jumat (4/8/2017).

"Selain itu, kami tidak lagi berada dalam periode di mana Anda berpikir, di beberapa tempat: 'Jika saya menginvestasikannya, saya akan mendapatkannya kembali.' Kami berada di luar itu. Jumlah hari ini melibatkan banyak gairah, kebanggaan, ketertarikan masyarakat dan Anda tidak dapat merasionalisasi itu lagi. Ini juga terlihat seperti inflasi yang meningkat. Kami melewati garis 100 juta euro tahun lalu dan satu tahun kemudian, kami melihat kesepakatan 200 juta euro. Ini diluar perhitungan dan di luar rasionalitas."

"Hari ini, pemain layak mendapatkan apa yang bisa dibeli klub dan saya akan mengatakan bahwa harga pemain bergantung pada identitas pembeli. Anda tidak dapat memasukkannya ke dalam konteks pasar. Ini adalah potensi finansial dari pembeli yang menentukan harga pemainnya. "

Sepenggal perjalanan karier Neymar Jr


Neymar lahir di Mogi das Cruzes, sebuah pinggiran kota Sao Paulo, pada tanggal 5 Februari 1992. Dia memulai kariernya di Santos setelah menandatangani kontrak profesional pada Januari 2009

Selama membela Santos, Neymar berhasil mengukuhkan posisinya sebagai penyerang haus gol, sebab dia berhasil menyabet label sebagai pencetak gol terbanyak klub pasca legendaris Brasil, Pele dengan 138 gol dalam 229 pertandingan. Penampilan impresif itulah yang membuat sejumlah klub papan atas yakni Real Madrid, Chelsea, dan Manchester United berlomba untuk mendapatkan jasa pemain ini.

Tapi Neymar akhirnya memilih untuk menandatangani kontrak bersama Barcelona pada Juni 2013. Dia membuat debut bersama klub saat melawan Levante pada bulan Agustus 2013. Sejak berada di Camp Nou selama empat tahun, dia telah mencetak 105 gol dan memberikan 80 assist dalam 186 pertandingan untuk klub Catalan. Neymar Jr memenangkan dua gelar La Liga dan satu Liga Champions.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6065 seconds (0.1#10.140)