Lazio Kutuk Perilaku Penggemar

Rabu, 25 Oktober 2017 - 00:17 WIB
Lazio Kutuk Perilaku Penggemar
Lazio Kutuk Perilaku Penggemar
A A A
ROMA - Lazio mengutuk perilaku penggemar yang menempelkan stiker korban Holocaust Anne Frank di Stadion Olimpico saat tim besutan Simone Inzaghi menang 3-0 atas Cagliari, akhir pekan ini. Hal itu baru diketahui setelah petugas pemeliharaan stadion menemukan banyaknya striker bertuliskan antisemitisme di tribun selatan pada Senin (23/10) kemarin.

Ada beberapa laporan jika penggemar Lazio menggambar sketsa wajah Anne Frank ditembok stadon. Anne Frank merupakan remaja Yahudi yang meninggal di sebuah kamp konsentrasi Nazi saat ia mengenakan jersey AS Roma.

"SS Lazio mengutuk rasisme dalam segala bentuk. Kami tidak dapat berkata apa-apa setelah pemberitaan ini muncul. Yang jelas, sekumpulan orang ini telah merusak penggemar setia klub yang selalu bersikap sportif. Kami selalu khawatir dengan fakta bahwa sekelompok kecil penggemar bisa membawa dampak buruk yang besar terhadap klub," demikian pernyataan resmi klub, Rabu (25/10/2017).

Adapun di bagian terpisah, pendukung Lazio yang biasa dikenal dengan sebutan Irriducibili tidak ingin terseret pemberitaan yang sudah terlanjur tersebar luas ini. Kelompok suporter yang selalu menjunjung tinggi fanatisme itu mengaku terkejut dengan kemunculan pemberitaan ini.

"Kami terkejut pemberitaan di media terkait hal ini. Semuanya harus dikurangi konteksnya. Kami berbicara tentang olahraga, ada lelucon, ironi dan keceriaan. Ada kasus lain yang, menurut kami, patut mendapat perhatian lebih dari surat kabar dan TV," pernyataan resmi Irriducibili.

"Kami tidak mengambil jarak dari apa yang telah kami lakukan, kami hanya bertanya-tanya mengapa tidak ada yang mengambil bagian kami saat kami menjadi korban dari dugaan insiden ini. Kami bertanya-tanya mengapa tidak ada yang membicarakan inisiatif kami untuk mengingat korban terorisme. Kami pikir langkah-langkah ini berorientasi untuk memblokir dan memboikot pertumbuhan Lazio, karena mereka adalah salah satu tim Serie A terbaik."

Terkait masalah ini polisi Italia telah membuka penyelidikan. Para pelaku nantinya akan dikenakan sanksi berat dari kepolisian Italia mengingat banyak pihak telah mengecam aksi penggemar Lazio tersebut, termasuk Menteri Olahraga Italia, Luca Lotti.

Lotti mengatakan bahwa penggemar Lazio harus bertanggung jawab atas masalah ini. "Tidak ada pembenaran, ini adalah contoh yang harus dikutuk tanpa asalan apapun," terangnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3835 seconds (0.1#10.140)