Keputusan Kontroversial Iringi Kemenangan Persija Atas Persib

Jum'at, 03 November 2017 - 17:39 WIB
Keputusan Kontroversial...
Keputusan Kontroversial Iringi Kemenangan Persija Atas Persib
A A A
SOLO - Sejumlah keputusan kontroversial menodai sengitnya pertarungan Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017) sore. Evans Shaun Robert yang bertindak sebagai wasit dianggap tidak adil dalam menjalankan kepemimpinannya sehingga menimbulkan protes keras dari kubu Persib.

Sejak awal, laga sebenarnya berjalan sangat menegangkan. Meski tak bisa tampil di Stadion Patriot Chandrabhaga, Persija tetap mampu memperlihatkan permainan terbaik yang dibarengi dengan perlawanan sengit dari Maung Bandung.

Selain kualitas, laga juga berjalan dalam situasi cukup keras. Di menit kedelapan Rudi Widodo melakukan pelanggaran yang membuat Kim Jeffrey Kurniawan tak mampu melanjutkan jalannya pertandingan. Dalam pelanggaran ini, Rudi hanya dihukum dengan kartu kuning.

Memasuki menit 15, Persib nyaris unggul melalui sundulan Raphael Maitimo. Persija dapat terselamatkan sebab bola belum melewati garis gawang dan keadaan tersebut langsung diamankan oleh Ismed Sofyan.

Namun di menit 27 bola akhirnya masuk ke gawang Persija. Berawal dari umpan Supardi Nasir, si kulit bundar kemudian disundul oleh Ezechiel N'Douassel. Akan tetapi wasit mengeluarkan keputusan kontroversial. Ia dan asistennya sepakat tidak mengesahkan gol tersebut. Padahal dalam tayangan ulang terlihat jelas bahwa bola sudah masuk, bahkan mengenai jaring bagian dalam di gawang Macan Kemayoran.

Di bawah guyuran hujan lebat, kedua tim melanjutkan jual beli serangan sepanjang babak pertama. Namun hingga turun minum tak ada gol yang tercipta.

Tensi pertandingan tidak mengendur di babak kedua. Beberapa pemain bahkan sempat tumbang karena kontak fisik yang cukup keras. Hingga pada akhirnya wasit menunjuk titik putih di menit 77. Achmad Jufriyanto dianggap melakukan pelanggaran terhadap Bruno Lopes dalam area terlarang. Bruno Lopes yang maju sebagai eksekutor akhirnya mampu memecah kebuntuan tim tuan rumah. Persija unggul 1-0.

Tak lama berselang, wasit kembali dihujani protes oleh para pemain Persib. Sebab, ia mengusir Vladimir Vujovic di menit 83. Oleh wasit, Vujovic dianggap mengeluarkan kata-kata kasar sehingga dirinya terpaksa menghadiahi kartu kuning kedua.

Manajer Persib, Umuh Muchtar terlihat geram dengan keputusan tersebut. Ia seolah memberi komando agar Maung Bandung tidak melanjutkan jalannya pertandingan.

Dengan begitu, Persija dianggap menang sebelum laga berakhir. Hasil ini membawa mereka naik ke posisi lima klasemen dengan kepemilikan 58 poin. Persija unggul 17 angka dari Persib yang berada di urutan ke-11.

Susunan pemain
Persija Jakarta:
Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanusa (Michael Orah 83'), Maman Abdurahman, Willian Pacheco, Ismed Sofyan; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Bambang Pamungkas, Rudi Widodo (Fitra Ridwan 68'), Bruno Lopes.

Persib Bandung: Muhammad Natsir; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto; Kim Jeffrey Kurniawan (Dedi Kusnandar 15'), Hariono (Purwaka Yudi 53'); Febri Hariyadi, Michael Essien (Shohei Matsunaga 73'), Raphael Maitimo; Ezechiel N'Douassel.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)