Preview Tampines Rovers vs Persija: Menang, Lolos!

Selasa, 24 April 2018 - 10:37 WIB
Preview Tampines Rovers vs Persija: Menang, Lolos!
Preview Tampines Rovers vs Persija: Menang, Lolos!
A A A
SINGAPURA - Hanya satu pilihan bagi Persija Jakarta saat bersua Tampines Rovers pada laga pamungkas Grup H Piala AFC 2018.

Macan Kemayoran wajib mengamankan poin penuh untuk mengunci posisi pemuncak klasemen sekaligus menyegel tiket ke babak selanjutnya. Laga hidup-mati akan dilakoni Ismed Sofyan dkk di Stadion Jalan Besar, Singapura, sore nanti.

Partai pamungkas ini menjadi ajang penentuan bagi Macan Kemayoran untuk memastikan langkah di Kompetisi Piala AFC melalui jalur juara grup. Menilik performa di kompetisi kasta kedua Asia, tim Ibu Kota memiliki modal meyakinkan. Sepanjang penyisihan grup, Persija baru menelan satu kekalahan, yakni pada laga perdana kontra Johor Darul Takzim.

Tim kebanggaan Jakmania ini harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 3-0. Kekalahan itu membuat Persija terlecut. Pada lima laga selanjutnya, empat kemenangan dan sekali imbang dikemas Persija sekaligus mengantarkan mereka sebagai pemuncak klasemen sementara Grup H dengan koleksi 10 angka.

Macan Kemayoran unggul head to head dari SLNA dengan per olehan poin yang sama. Karena itu, Persija hanya memiliki satu pilihan, yakni menang dalam perebutan tiket lolos otomatis ke babak selanjutnya. Kekalahan atau hasil imbang berpotensi menghentikan langkah Ismed dkk menyusul Bali United yang lebih dulu tersingkir.

Melawan Tampines Rovers, Persija memiliki modal cukup baik. Pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pasukan Stefano ‘Teco’ Cugurra menang telak 4-1. Kendati enggan meremehkan lawannya yang sudah tersingkir, Persija optimistis hasil serupa sanggup mereka raih di Stadion Jalan Besar.

Namun, ada satu yang dikhawatirkan Teco saat anak asuhnya tandang ke Singapura. Tuan rumah memilih bermain di lapangan yang menggu na kan rumput sintetis. Kondisi ini diprediksi akan menyu lit kan anak-anak Macan Kema yoran yang tidak terbiasa ber main di rumput artifisial.

Selain itu, masa recovery Ismed dkk seusai bentrok kontrak PSIS Semarang di Liga 1 cukup minim. Rumput sintetis dan kelelahan meningkatkan potensi cedera pemain.

“Kami satu-satunya tim yang berpeluang mewakili Indonesia. Ini menjadi motivasi dan anak-anak sudah siap bermain untuk meraih kemenangan agar bisa lolos ke babak selanjutnya. Memang, rumput sintetis mengkhawatirkan. Tapi, saya yakin pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dalam pertandingan nanti,” kata Teco. Sebagai persiapan, pelatih asal Brasil itu bahkan mendahului anak asuhnya terbang ke Singapura.

Teco sengaja lebih dulu terbang ke negeri jiran untuk mengamati permainan Tampines Rovers sebelum menentukan strategi yang akan di te rapkan dalam laga krusial tersebut. Bek Persija Maman Abdurrahman menilai Tampines Rovers bisa saja menyulitkan timnya.

Tim asuhan Juergen Raab ini dipastikan tidak mau kembali menelan kekalahan di kandang sendiri. The Stags diprediksi akan bermain tanpa beban mengingat hasil pertandingan tersebut tidak akan berpengaruh dalam klasemen mereka saat ini.

“Kami harus waspadai motivasi mereka di mana mereka tidak mau kalah lagi dikandangnya. Semangat mereka juga bagus ketika bermain di Jakarta ketika sudah kebobolan tiga gol, mereka tetap mencari gol,” ujar Maman.

Maman juga mengatakan sang lawan juga memiliki kelebihan yang harus diwaspadai rekan-rekannya, di antaranya kekompakan serta organisasi permainan yang pasti bisa jadi sinyal bahaya bagi timnya pada laga nanti. Namun, mantan pemain PSIS ini berharap timnya bisa meredam hal tersebut.

“Ya, mungkin kami harus lebih semangat lagi diban ding - kan mereka. Mudah-mudahan kemenangan besar di Jakarta membuat kami lebih percaya diri saat menghadapi mereka,” ujarnya. Manajer Persija Ardhi Tjahjoko optimistis timnya bisa memenangkan laga ini untuk bisa memenuhi target ketika Persija mengikuti AFC.

Namun, dia mengingatkan agar Persija tidak meremehkan Tampines Rovers. Meski sudah dipastikan tidak lolos, Ardhi menilai sang lawan diprediksi akan bermain lepas sehingga bisa saja merepotkan timnya. “Targetnya menang.

Memang sudah dicanangkan sejak awal target tim untuk di AFC ini bisa lolos dari grup. Mudah-mudahan besok kami menang dan lolos grup sebagai juara.

Tapi, kami tidak boleh menganggap remeh lawan. Apalagi, sejauh ini Tampines Rovers tampil bagus mayoritas pemain mereka bukan usia produktif lagi di sepak bola. Tapi, secara organisasi mereka tetap oke. Sekali lagi kita siap menghadapi Tampines Rovers,” tuturnya. (Abriandi)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9718 seconds (0.1#10.140)