Grup E: Penampilan Serbia Belum Konsisten

Selasa, 05 Juni 2018 - 20:04 WIB
Grup E: Penampilan Serbia Belum Konsisten
Grup E: Penampilan Serbia Belum Konsisten
A A A
MOSCOW - Serbia tak menunjukan penampilan apik saat tampil di laga uji coba. Hal ini bertolak belakang dengan penampilan mereka yang memukau di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Dalam tiga laga uji coba terakhir, Serbia hanya meraup satu kemenangan saja. Saat melawan Maroko dalam laga uji coba, Serbia mampu menguasai jalannya pertandingan. Sayangnya, mereka kalah 1-2 karena tak sabar dalam memanfaatkan sejumlah peluang.

Pada pertandingan uji coba kedua melawan Nigeria, Serbia mampu tampil lebih baik, mereka bermain sabar dalam laga tersebut dan hasilnya menang 2-0. Akan tetapi inkonsisten mereka berlanjut dalam laga ketiga. Serbia kembali kalah 0-1 saat meladeni Cile.

Tim: Serbia
Kode tim: SRB
Julukan: The Eagles
Asosiasi: Football Association of Serbia (FSS)
Tahun berdiri: 1919 (FSJ)
Peringkat: 35
Pelatih: Mladen Krstajic
Kapten: Aleksandar Kolarov

Histori

Jejak ke Rusia

Sebagai negara merdeka dengan nama yang digunakan sekarang ini, Serbia baru satu kali bermain di Piala Dunia, yakni di Afrika Selatan 2010. Langkah mereka saat itu berakhir di penyisihan grup. Berhasil mengalahkan Jerman, Serbia justru keok ketika berjumpa Ghana dan Australia.

Saat masih bagian dari perserikatan negara Serbia dan Montenegro, tim ini pernah tampil pada Piala Dunia Jerman 2006. Di sini, Serbia dan Montenegro gagal meraih kemenangan satu pun, sehingga mereka menempati posisi juru kunci dengan poin 0 di penyisihan grup.

Serbia berhasil mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 1998. Serbia di Piala Dunia Prancis ini mengenakan nama Republik Federal Yugoslavia (juga terdiri dari Serbia dan Montenegro).

Ketika masih bernama Socialist Federal Republic of Yugoslavia, Serbia berhasil tujuh kali tampil di Piala Dunia, tiga di antaranya berakhir di perempat final, dan satu lainnya menempatkan mereka di posisi keempat (Piala Dunia Chile 1962).

Sementara, pada Piala Dunia pertama yakni PD Uruguay 1930, Serbia juga ambil bagian. Serbia saat itu masih berupa Kerajaan Yugoslavia. Mereka pun mengakhiri Piala Dunia 1930 dengan menempati urutan keempat.

Serbia menuntaskan kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dengan menempati urutan teratas Grup D. Serbia berhasil mengumpulkan poin 21 dari 10 pertandingan. Mereka berada di atas Republik Irlandia dan Wales.

Kemenangan 1-0 atas Georgia di pertandingan terakhir menjadi poin krusial buat Serbia, setelah sebelumnya mereka sudah menggenggam kemenangan yang vital 1-0 di Irlandia. Dalam klasemen akhir penyisihan zona Eropa Grup D, Serbia unggul dua poin atas Irlandia, dan empat poin dari Wales.

Peluang di Piala Dunia 2018:
Peluang Serbia untuk maju ke babak sistem gugur kemungkinan akan bergantung pada dua laga pertama melawan Kosta Rika dan Swiss, karena mereka diprediksikan bakal sulit mendulang kemenangan di laga terakhir, yakni menghadapi juara lima kali Piala Dunia, Brasil.

Penampilan terbaik di Piala Dunia
Penyisihan grup Piala Dunia 2010

Skuat Piala Dunia 2018:

Kiper: Vladimir Stojkovic (Partizan Belgrade), Predrag Rajkovic (Maccabi Tel Aviv), Marko Dmitrovic (Eibar)

Belakang: Aleksandar Kolarov (Roma), Branislav Ivanovic (Zenit St Petersburg), Dusko Tosic (Guangzhou R&F), Antonio Rukavina (Villarreal), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Milan Rodic (Red Star Belgrade), Uros Spajic (Krasnodar), Nikola Milenkovic (Fiorentina)

Tengah: Nemanja Matic (Manchester United), Luka Milivojevic (Crystal Palace), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Marko Grujic (Liverpool), Adem Ljajic (Torino), Dusan Tadic (Southampton), Filip Kostic (Hamburg), Andrija Zivkovic (Benfica), Nemanja Radonjic (Red Star Belgrade)

Depan: Aleksandar Mitrovic (Newcastle), Aleksandar Prijovic (PAOK Salonika), Luka Jovic (Benfica)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8082 seconds (0.1#10.140)