Kalah Agregat, PSM Makassar Gagal ke Final AFC Cup

Rabu, 26 Juni 2019 - 17:40 WIB
Kalah Agregat, PSM Makassar Gagal ke Final AFC Cup
Kalah Agregat, PSM Makassar Gagal ke Final AFC Cup
A A A
CIBINONG - PSM Makassar akhirnya tersingkir dari pentas AFC Cup 2019 setelah kalah agregat dari Becamex Bhin Duang. Tampil sebagai tuan rumah semifinal Zona ASEAN, Juku Eja sebenarnya unggul 2-1, tapi kebobolan di leg pertama membuat PSM gagal menyegel tempat di final.
Bertanding di Stadion Pakasari, Cibinong, Bogor, Rabu (26/6/2019), PSM berjuang sejak awal pertandingan. Keharusan mengejar ketinggalan gol membuat pemain PSM langsung tancap gas. Mereka mencoba menguasai jalannya pertandingan. Kondisi tersebut ternyata mampu dimanfaatkan pemain Becamex dengan meladeni permainan terbuka. Alhasil, wakil dari Vietnam itu malah mendapatkan kesempatan menekan di menit ketiga.
Semenit kemudian giliran PSM melalui Willem Jan Pluim berhasil melepaskan umpan terobosan pada M Rahmat di sisi kiri untuk diteruskan ke kotak terlarang Becamex. Dengan lugas pemain lawan bisa mementahkan peluang tersebut.

Sejak saat itu jual beli serangan mewarnai duel babak pertama. Kerasnya pertandingan di laga ini memaksa wasit beberapa kali mencoba melerai pertikaian. Kartu kuning pun tercatat dua kali keluar dari saku wasit Ahmad Faisal dari Jordania untuk pemain Becamex, Nguyen Trong Huy dan Le Tan Tai.

Sampai waktu normal kedua tim masih kesulitan menjebol gawang. Namun di pengujung laga atau tepatnya di menit 45+3, Becamex bisa memanfaatkan momentum. Wander Luiz berhasil lepas dari kawalan pemain belakang PSM. Ia sukses menjebol gawang Rivky Mokodompit setelah memanfaatkan umpan lambung Ho Tan Tai.

Di babak kedua, PSM tak membuang kesempatan. Mereka langsung menekan begitu peluit dibunyikan. Di sisi lain Becamex yang coba mengamankan keunggulan mencoba bermain lebih sabar untuk tidak meladeni permainan menyerang PSM.

Masuknya Zulham Zamrun yang menggantikan Rizky Pellu makin memberikan tekanan PSM lebih berwarna. Bahkan lewat aksinya di menit 75, lewat sebuah aksinya di kotak penalti umpan Zulham ditanduk pemain lawan, Ho Tan Tai. Gol bunuh diri tersebut membuat skor 1-1.

PSM masih butuh dua gol untuk lolos ke final. Ferdinand Sinaga pun dimasukan untuk menambah daya dobrak PSM. Di menit 87, PSM bisa memperbesar keunggulan setelah Aaron Evans sukses menjebol gawang Becamex setelah memanfaatkan sepak pojok Zulham.

Perjuangan PSM untuk menambah satu gol lagi untuk lolos ke final tak bisa terpenuhi. PSM pun harus rela gagal ke final Zona ASEAN AFC Cup 2019.

Susunan Pemain
PSM Makassar
Rivki Mokodompit, Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam, Rizki Pellu, Marc Klok, M. Rachmat, Willem Jan Pluim, Rasyid Bakri, Eero Markkanen
Cadangan : Zulkifli Syukur, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, Hasim Kipuw, Guy Junior, M. Arfan, Hilmansyah
Pelatih : Darije Kalezic

Becamex Binh Duang
Tran Duc Cuong, Nguyen Thanh Thao, Ali Rabo, Nguyen Thanh Long, Ho Tan Tai, Nguyen Trong Huy, Nguyen Tien Linh, Le Tan Tai, Wander Luiz, Victor Mansaray, Nguyen Anh Duc
Cadangan : Bui Tan Truong, Nguyen Xuan Luan, Vo Hoang Quang, Tong Ahn Ty, Shumeiko Veniamin, Ho Sy Giap, Dinh Hoang Max.
Pelatih : Nguyen Thanh Son
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7506 seconds (0.1#10.140)