Community Shield 2019, Ujian untuk Mengukur Skuat Liverpool

Selasa, 30 Juli 2019 - 14:05 WIB
Community Shield 2019, Ujian untuk Mengukur Skuat Liverpool
Community Shield 2019, Ujian untuk Mengukur Skuat Liverpool
A A A
LONDON - Liverpool mulai berbenah jelang menghadapi Manchester City pada pertandingan Community Shield 2019 di Stadion Wembley, Minggu (4/7) malam WIB. Pelatih Juergen Klopp mengharapkan dapat mengembalikan kepercayaan diri pemain sebelum bergulirnya kompetisi domestik Liga Inggris.

Penampilan anak asuh Klopp selama menjalani tur pramusim kurang begitu mengesankan. Di Amerika Serikat, Si Merah gagal mengamankan kemenangan dalam tiga laga yang dijalaninya. Parahnya, selama tur pramusim di Negeri Paman Sam, Liverpool telah kebobolan sebanyak tujuh gol.

Perhitungan itu belum ditambahkan dengan kekalahan 0-3 melawan Napoli. Klopp tidak ingin mencari alasan tentang rentetan hasil minor tersebut, meskipun Liverpool saat itu tidak diperkuat sejumlah pemain andalannya seperti Alisson Becker, Mo Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

"Saya tidak ingin mencari alasan sebelum kami bermain melawan City. Tetapi kami memiliki pramusim yang sama sekali berbeda. Kami bermain tanpa enam pemain dan mengatakan ini pasti pernyataan untuk kami akan benar-benar gila," jelas Klopp dikutip dari Independent, Selasa (30/7/2019).

Betul, semua laga terjadi di pramusim yang belum bisa menjadi referensi kekuatan tim. Masalahnya, Klopp seharusnya mulai bisa mengukur sejauh mana kekuatan timnya tanpa Mane, Salah, dan Firmino. Ukuran yang secara kasatmata memperlihatkan bahwa Liverpool sebenarnya rapuh tanpa tiga pemain tersebut.

Musim lalu, kombinasi gol ketiganya mencapai 69 gol di semua kompetisi. Di Liga Primer, akumulasi gol ketiganya di angka 56 dengan rincian Saleh dan Mane 22 gol, sedang kan Firmino 12 gol. Jika dibuat persentase, jumlah tersebut merupakan 62% dari total gol Liverpool di Liga Primer, 89.

Angka ini bisa membengkak jika ditambah 15 assist ketiganya maka mereka berperan pada 79% gol The Reds. Jadi, wajar jika Liverpool kemudian terlihat kedodoran ketika menghadapi tim selevel tanpa tiga pemain tersebut. (Baca juga: Menanti Keajaiban Liverpool di Musim 2019/2020 )

Karena itu, Klopp menekankan bahwa laga Community Shield melawan City bisa dijadikan sebagai ujian sebenarnya sebelum Mo Salah dkk menyambut musim 2019/2020. "Ini adalah ujian yang bagus untuk hal-hal yang ada di sana. Kami harus bertahan dengan cara yang baik, karena jika kami tidak bertahan dengan baik melawan City, kami bisa kebobolan," pungkas Klopp.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)