Final BWF World Tour, Inilah 7 Jago Indonesia,2 Statusnya Debutan

Rabu, 27 November 2019 - 09:08 WIB
Final BWF World Tour, Inilah 7 Jago Indonesia,2 Statusnya Debutan
Final BWF World Tour, Inilah 7 Jago Indonesia,2 Statusnya Debutan
A A A
JAKARTA - Tujuh wakil Indonesia akan bertarung dalam Final BWF World Tour yang digeber 11-15 Desember di Guangzhou, China. Ketujuh wakil Indonesia tersebut hanya tampil di empat nomor; tunggal putra, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Musim ini, performa tunggal putri Indonesia jauh dari harapan. Fitriani yang diharapkan lolos hanya finis di posisi 16.

Tunggal putra akan diwakili Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra diperkuat dua penguasa dunia; Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Duet Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi satu-satunya pasangan Indonesia di ganda putri. Sedangkan ganda campuran diwakili Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Dari tujuh wakil tersebut, Jonatan dan Melati merupakan debutan dalam final penutup musim 2019. Dalam Rangking Race To Guangzhou, Jonatan finis di peringkat ketiga di bawah Kento Momota dari Jepang dan Chou Tien Chen asal Taiwan. Musim ini Jojo berhasil meraih dua gelar di New Zealand Open dan Australian Open. Perolehan poin dari dua gelar inilah yang mendongrak posisi Jojo bertahan di tiga besar tunggal putra.

Selain Jojo, Indonesia juga mengirimkan Anthony yang menempati posisi keenam. Dari setiap Negara, maksimal dua pemain atau pasangan yang bisa berlaga di Final BWF World Tour 2019. Aturan ini menyebabkan Indonesia kehilangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Padahal, rangking Fajar/Rian masuk Top 6 yang seharusnya bisa lolos.

Di tunggal putra, selain Indonesia ada Denmark dan Taiwan yang juga menempatkan dua wakilnya. Yang mengejutkan, China hanya meloloskan Chen Long di Final BWF World Tour 2019. Ini pukulan telak bagi China yang akan menjadi tuan rumah.

Pemain Taiwan, Wang Tzu Wei dan Anders Antonsen dari Denmark juga akan menjadi debutan. Wang lolos terakhir atau posisi kedelapan dalam daftar peringkat sementara seusai turnamen kualifikasi terakhir di Gwangju Korea Masters 2019.

7 Wakil Indonesia di Final BWF World Tour 2019:

Tunggal Putra

Jonatan Christie

Anthony Sinisuka Ginting

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8649 seconds (0.1#10.140)