Rafael Nadal dan Ashleigh Barty Juara Dunia ITF 2019

Jum'at, 20 Desember 2019 - 09:54 WIB
Rafael Nadal dan Ashleigh Barty Juara Dunia ITF 2019
Rafael Nadal dan Ashleigh Barty Juara Dunia ITF 2019
A A A
PARIS - Rafael Nadal dan Ashleigh Barty mendapat gelar menjelang penutup musim ini sebagai juara dunia Federasi Tenis Internasional (ITF) 2019. Selain Nadal dan Barty, pemain di sektor ganda dan Junior juga mendapatkan gelar yang sama.

Barty adalah pemain Australia pertama yang dinobatkan sebagai Juara Dunia Wanita ITF. Dia menjadi tunggal putri Australia pertama yang mencapai peringkat 1 di dunia sejak Evonne Goolagong Cawley pada tahun 1976.

Ia mengklaim gelar Grand Slam pertamanya di Roland Garros, mengangkat piala di Final WTA di Shenzen dan memimpin Australia menembus final Piala Fed pertama sejak 1993.

"Saya merasa terhormat diberi gelar Juara Dunia ITF tahun ini. 2019 adalah tahun yang luar biasa, memenangkan Prancis Terbuka dan lolos Final Piala Fed adalah yang utama. Saya sangat bangga dengan tim saya dan saya atas apa yang telah kami capai dan tidak sabar menunggu musim 2020 dimulai,"ujar Barty.

Nadal, yang dinobatkan sebagai Juara Dunia ITF untuk keempat kalinya, bangga dengan gelar yang diterimanya di pengujung musim. “Saya sangat senang dinobatkan sebagai Juara Dunia ITF dan menerima penghargaan ini dari ITF. Untuk menyelesaikan sebagai No 1 di peringkat ATP untuk kelima kalinya dan memenangkan dua gelar Grand Slam tahun ini adalah sesuatu yang terlihat beberapa tahun yang lalu kita tidak akan pernah berpikir itu akan terjadi. Dan sebagai akhir yang sempurna, khususnya istimewa untuk memenangkan Piala Davis di kandang di Spanyol. Terima kasih juga kepada tim saya yang telah bersama saya selama ini,"paparnya.

Nadal adalah pemain kelima yang finis sebagai pemain akhir tahun No.1 pada lima kesempatan atau lebih bersama Jimmy Connors, Novak Djokovic, Roger Federer dan Pete Sampras. Dia memenangkan 58 dari 65 pertandingan yang dia mainkan pada 2019 dan hanya kalah satu pertandingan sejak Wimbledon.

Di sektor ganda, Timea Babos dari Hungaria dan pemain Prancis Kristina Mladenovic akan menerima penghargaan dalam kategori ganda putri. Kemenangan di Roland Garros yang merupakan gelar Grand Slam kedua mereka sebagai pasangan, diikuti oleh kemenangan di Final WTAl.

Juara Dunia ganda putra menjadi milik duet Kolombia, Juan Sebastian Cabal dan Robert Farah. Mereka menjadi petenis Kolombia pertama yang memenangkan gelar ganda putra Grand Slam dengan kemenangan di Wimbledon, sebelum mendapatkan gelar Grand Slam berturut-turut di AS Terbuka. Pasangan ini memenangkan total lima gelar pada tahun 2019 dan merupakan pasangan Amerika Selatan kedua yang menyelesaikan sebagai No.1 di akhir tahun

Petenis Argentina Gustavo Fernandez, Diede de Groot dari Belanda dan Dylan Alcott asal Australia telah diumumkan sebagai juara dunia pria, wanita, dan quad di divisi kursi roda. Mereka meraih tiga gelar Grand Slam pada tahun 2019. De Groot, yang merupakan Juara Dunia ITF untuk tahun kedua berturut-turut, merebut gelar di Australia Terbuka, Roland Garros dan AS Terbuka.

Di sektor junior, juara dunia adalah Thiago Tirante Argentina dan Diane Parry asal Prancis. Tirante memenangkan lima gelar tunggal pada 2019, tiga di antaranya di tingkat A, termasuk Orange Bowl yang bergengsi pekan lalu yang mengamankan tempatnya di puncak peringkat junior di pertandingan terakhir musim ini.

Parry mengikuti jejak rekan senegaranya dan juara junior 2018, Clara Burel, meraih peringkat No. 1 dengan kemenangan di Final Tur Tenis Dunia ITF di Chengdu dan memenangkan 11 pertandingan berturut-turut untuk mengakhiri musim 2019-nya.

’’Selamat kepada Juara Dunia ITF 2019 kami yang telah menunjukkan keterampilan, bakat, dan dedikasi yang luar biasa dalam perjalanan mereka untuk mencapai kesuksesan besar di pengadilan. Mereka adalah penghargaan untuk olahraga kami dan semuanya berkontribusi untuk tahun yang mengesankan bagi tenis,”kata Presiden ITF David Haggerty.

Para juara dunia ITF 2019 akan menerima trofi dalam ITF World Champions Dinner Dinner pada 2 Juni 2020 di Paris, Prancis. Berikut daftar juara dunia ITF 2019:

Tunggal Putra : Rafael Nadal (Spanyol)

Tunggal Putri : Ashleigh Barty (Australia)

Ganda Putra : Juan Sebastian Cabal/Robert Farah (Kolombia)

Ganda Putri : Timea Babos/Kristina Mladenovic (Hungaria/Prancis)

Junior

Tunggal Putra : Thiago Tirante (Argentina)Tunggal Putri : Diane Parry (Prancis)

Kursi Roda

Putra : Gustavo Fernandez (Argentina)

Putri : Diede de Groot (Belanda)

Quad : Dylan Alcott (Australia)

(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6595 seconds (0.1#10.140)