Ribuan Atlet Taekwondo Ikuti Kerjurnas Bertajuk Passemba Toraya

Jum'at, 20 Desember 2019 - 23:35 WIB
Ribuan Atlet Taekwondo Ikuti Kerjurnas Bertajuk Passemba Toraya
Ribuan Atlet Taekwondo Ikuti Kerjurnas Bertajuk Passemba Toraya
A A A
TANA TORAJA - Passemba Toraya, kejuaraan taekwondo skala nasional yang berbalut acara tradisional hingga wisata, dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Event ini digelar sejak Rabu (18/12/2019) hingga Sabtu nanti (21/12/2019 di Gedung Tammuan Mali Makale.

"Kejuaraan Nasional Taekwondo yang diangkat dari tradisi suku toraja, yakni Passemba Toraya. Passemba Toraya adalah tradisi yang biasa digelar usai panen padi, sebagai bentuk ucapan syukur akan hasil panen di Toraja," kata Ketua Panitia, Dr. Rudhy Andi Lolo.

Budaya sisemba yang dilakoni oleh passemba dalam tradisi bersyukur di Toraja, yang mendorong pencinta dan pengurus taekwondo Tana Toraja menggelar Kejurnas di Makale. Even nasional ini memperebutkan Piala Menpora.

Kejurnas tersebut melibatkan 48 kontingen dari sejumlah provinsi. Atlet dengan jumlah 1.100 orang yang dibuka Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae di pelatataran plaza Kolam Makale. Selain defile peserta, selebrasi pembukaannya diramaikan oleh peragaan tradisi sisemba dan tari tarian.

Nicodemus Biringkanae dalam sambutannya menyambut baik acara tersebut dan meminta untuk jadi event tahunan yang bisa bertaraf internasional. “Ini disemangati oleh kearifan lokal budaya dan tradisi atraksi pada kegiatan ungkapan syukur orang Toraja, sekaligus jadi iven untuk meramaikan Pesona Kemilau Toraja,” ucapnya.

Kejurnas Menpora RI Passemba' Toraya Maelo Cup mengundang antuasis dari para penonton. Buktinya, ratusan bahkan ribuan orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia memadati pelataran gedung Tammuan Mali' lokasi berlangsungnya PTMC 2019.

Tak tanggung-tanggung, demi mendukung tim atau atlet kesayangan, mereka rela berpanas-panasan diluar gedung. Bahkan, sejumlah pendukung sampai ketiduran demi menunggu atlet dari daerah mereka bertanding.

Kejurnas Menpora RI PTMC 2019 merupakan event terbesar dan terbanyak diikuti atlet selama pelaksanaan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4933 seconds (0.1#10.140)