Penutupan Bursa: La Liga Kontrak 42 pemain dan Menghabiskan Rp2,4 Triliun

Sabtu, 01 Februari 2020 - 10:39 WIB
Penutupan Bursa: La Liga Kontrak 42 pemain dan Menghabiskan Rp2,4 Triliun
Penutupan Bursa: La Liga Kontrak 42 pemain dan Menghabiskan Rp2,4 Triliun
A A A
MADRID - Bursa transfer musim dingin memang tidak seramai musim panas. Namun, di Spanyol sejumlah drama tercipta jelang penutupan bursa Januari 2020, Jumat (31/1/2020) malam waktu lokal. Pergerakan yang gagal dilakukan Barcelona menjadi salah satunya meski akhirnya mereka mendapatkan dua pemain muda.

Barcelona berada di pusat perhatian karena mereka gagal dalam mengejar striker untuk menggantikan Luis Suarez yang cedera. Barcelona mundur lantaran tidak menemui kesepakatan dengan Valencia soal biaya transfer.

Atletico Madrid juga mengejar nomor 9 baru, tetapi tidak mampu menboyong striker Paris Saint-Germain Edinson Cavani ke Wanda Metropolitano. Alih-alih Cavani, Atletico akhirnya membawa pulang Yannick Carrasco dari klub China Dalian Yifang dengan status pinjaman hingga akhir musim. (Baca Juga: Atletico Madrid Pulangkan Yannick Carrasco dari Liga China).

Real Valladolid mengejutkan semua orang dengan membawa Hatem Ben Arfa yang didapatkan gratis, sementara Celta Vigo berbelanja untuk seorang penyerang asal Rusia Fedor Smolov.

Sevilla mengambil Youssef El-Nesyri dari Leganes, sedangkan Paco Alcacer yang semula pergi ke Valencia, tetapi berakhir di Villarreal, dan Real Madrid memilih untuk mempertahankan Brahim Diaz dan Mariano Diaz tetapi bukan Alvaro Odriozola.

Barcelona melihat skuad mereka melemah. Carles Alena dipinjamkan ke Real Betis, sementara Carles Perez berangkat ke AS Roma, Jean-Clair Tobido ke Schalke dan Moussa Wague ke Nice.

Blaugarana mendatangkan dua pemain muda, namun mereka baru akan bergabung pada Juli 2020. Mereka adalah pemain tengah asal Brasil Matheus Fernandes dan pemain depan Portugal Francisco Trincao jelang batas waktu penutupan bursa transfer musim dingin, Jumat (31/1/2020) malam waktu lokal. (Baca Juga: Penutupan Bursa: Barcelona Borong Dua Pemain).

Rodrigo Moreno terlalu mahal untuk ditandatangani dari Valencia, sementara Cedric Bakambu hampir naik pesawat ke Barcelona dari Hong Kong. (Baca Juga: Barcelona Beri Harapan Palsu, Cedric Bakambu Melucu di Media Sosial).

Di ruang kepelatihan, Xavi Hernandez dan Ronald Koeman menolak kesempatan untuk menjadi pengganti Ernesto Valverde, dan Barcelona memasukkan Quique Setien.

Real Madrid melakukan beberapa bisnis ketika mereka mengambil Reinier Jesus dari Flamengo saat berusia 18 tahun. Sementara itu, Brahim dan Mariano tidak diizinkan pergi tetapi Odriozola berangkat dengan status pinjaman ke Bayern Muenchen.

Carrasco bukan satu-satunya pemain yang kembali ke Spanyol pada Januari ketika Roberto meninggalkan West Ham untuk Alaves, Jesus Vallejo meninggalkan Wolverhampton ke Granada melalui Valdebebas, Jeison Murillo hengkang dari Sampdoria ke Celta dan Suso meninggalkan Milan ke Sevilla.

La Liga Santander mengucapkan selamat tinggal pada Javier Hernandez, yang bergabung dengan LA Galaxy, John Guidetti, yang pindah ke Hannover, Esteban Granero, yang terbang ke Marbella, dan Stanislav Lobotka, yang menukar Celta dengan Napoli.

Menurut catatan Marca, sejauh itu La Liga telah menghamburkan 160 juta euro dalam transaksi 24 pemain berbeda sepanjang bursa Januari 2020. Esapnyaol dan Villarreal menjadi dua tim yang paling akhtif di pasar.

Villarreal kehilangan Toko Ekambi ke Lyon namun mendapatkan Paco alcacer dengan nilai transfer 25 juta euro (Rp381 miliar) dari Borussia Dortmund. Pemain keluar lainnya Leo Suarez (America), Espinoza (Quakes), Caseres (America).

Sedangkan Los Periquitos -julukan Espanyol- menghabiskan lebih dari 40 juta euro untuk pemain saat mereka mencoba menyelamatkan diri dari zona degradasi, dengan Raul de Tomas penandatanganan paling terkenal yang diboyong dari Benfica, lalu Cabrera (Getafe), Embarba (Rayo Vallecano), dan Oier (Levante). Sedangkan pemain keluar Granero (Marbella).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9500 seconds (0.1#10.140)