Derita Setien, dari Perselisihan Messi dan Abidal hingga Cedera Dembele

Kamis, 06 Februari 2020 - 05:03 WIB
Derita Setien, dari...
Derita Setien, dari Perselisihan Messi dan Abidal hingga Cedera Dembele
A A A
BARCELONA - Pelatih Barcelona Quique Setien mengomentari permasalahan yang tengah menghantui klub. Pada konferensi pers jelang laga perempat final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Jumat (7/2/2020) dini hari WIB, dia mengatakan bahwa dirinya mencoba untuk mendinginkan suasana dan ia meminta kepada semua pihak untuk fokus pada sisa pertandingan di musim ini.

Barcelona sedang dihantui badai besar perselisihan yang melibatkan Lionel Messi dan Direktur Olahraga Eric Abidal. Dalam sebuah wawancara dengan Sport, mantan bek Blaugrana itu lalu membahas mengenai pemecatan Ernesto Valverde sebagai pelatih setelah kegagalan di Supercopa de Espana.

Abidal menglaim itu terjadi karena kesalahan pemain. Dia merasa ada sejumlah pemain Barcelona yang tidak mengerahkan segenap kemampuannya ketika Valverde bertugas. Pernyataan Abidal membuat Messi murka. (Baca juga: Sebut Pemain Barcelona Malas, Messi Kecam Abidal )

Respon yang diberikan Messi seolah menunjukkan bahwa dia marah dengan pernyataan Abidal. Disinggung mengenai perselisihan ini, Setien mencoba untuk tidak terlalu membahas mengenai situasi ini.

"Saya fokus pada sepak bola dan minat saya adalah memberikan alat kepada pemain saya. Segala sesuatu yang lain tidak menarik minat saya. Saya tahu ada masalah di klub seperti ini tetapi ada hal-hal yang tidak akan bisa saya kendalikan. Anda sudah ada di sana untuk itu. Tapi bicara padaku tentang sepak bola. Sisanya tidak menarik minat saya. Segala sesuatu yang lain tidak membantu saya dalam pekerjaan saya," tegas Setien dikutip dari AS Sport.

Tidak hanya tentang perselisihan Messi dan Abidal saja. Barcelona diketahui sedang dihantam badai cedera alias krisis penyerang. Terbaru, Ousmane Dembele yang kemungkinan bakal absen hingga akhir musim setelah mengalami cedera otot pada bagian paha kanannya.

Praktis, Barcelona hanya memiliki tiga penyerang dalam skuat. Mereka adalah Messi, Ansu Fati, dan Griezmann. Ditanya apa yang membuat Setien khawatir, cedera Dembele atau Messi kesal?

"Saya khawatir tentang Dembele karena dia adalah pemain yang luar biasa dan saya telah melihatnya bekerja dengan keinginan gila untuk kembali dan dia akan berusia tiga, empat atau lima bulan tanpa bermain sepak bola, yang paling dia sukai. Sisanya melewati hal-hal, mereka muncul dan menghilang," imbuh Setien.

Setien tentunya tidaknya pernah membayangkan jika pekerjaannya saat ini jauh lebih rumit dari yang diperkirakan sebelumnya. Namun demikian, dia menyadari bahwa hidup tidak pernah semudah ini dan ini konsekuensi berada di klub hebat seperti ini.

"Memang benar bahwa sebulan yang lalu saya tidak punya masalah. Banyak hal terjadi dan ada akibatnya. Tetapi angin utara mendorong saya dan saya tidak jatuh dengan mudah. Ini akan maju dan akan berjalan dengan baik. Saya yakin. Saya tidak tahu banyak hal, tetapi hal yang berkaitan dengan kompetisi merupakan pekerjaan saya. Peras pemain untuk membuat yang terbaik dari diri mereka sendiri," pungkas Setien.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8968 seconds (0.1#10.140)