Lima Negara Segel Debut Final Piala Davis 2020

Minggu, 08 Maret 2020 - 22:31 WIB
Lima Negara Segel Debut Final Piala Davis 2020
Lima Negara Segel Debut Final Piala Davis 2020
A A A
LONDON - Lima negara menyegel debut mereka di Final Piala Davis 2020. Ekuador, Swedia, Hungaria, Republik Ceko, dan Austria akan berada dalam undian grup pekan depan, untuk pertandingan yang diikuti 18 negara di La Caja Magica di ibukota Spanyol pada bulan November 2020. Selain lima negara tersebut, tim favorit Jerman, Australia, Amerika Serikat, dan Kroasia juga memesan tempat mereka di Madrid.

Ekuador lolos setelah menang 3-0 atas Jepang yang tidak diperkuat Kei Nishikori karena cedera dan petenis peringkat 48 dunia Yoshihito Nishioka, yang tidak bepergian karena khawatir krisis coronavirus akan mencegah dia kembali ke Amerika. Serikat.

Ekuador yang diperkuat Gonzalo Escobar dan Diego Hidalgo mengamankan poin kemenangan di pertandingan ganda yang menentukan atas Ben McLachlan dan Yasutaka Uchiyama.

Swedia, yang memenangkan Piala Davis pada tujuh kesempatan antara tahun 1975 dan 1998 mengalahkan Cile 3-1 dengan Mikael Ymer mengklaim poin yang menentukan. Sementara Hungaria, yang akan menjadi tuan rumah putaran final Piala Fed tahun ini, mengklaim kemenangan 3-2 atas Belgia.

Hungaria sempat tertinggal 1-2 setelah nomor ganda dikalahkan Belgia, pada Sabtu (7/3/2020). Namun, berbalik menang lewat nomor tunggal Attila Balazs dan Marton Fucsovics, Minggu (8/3/2020). Fucsovics sempat kalah di set pertama melawan Riben Bemelmans, tetapi membalas untuk menang 6-7 (9), 6-4, 6-2.

Republik Ceko tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk memesan tiket, tepat di seberang perbatasan ke Bratislava di mana mereka menyelesaikan kemenangan 3-1 atas Slovakia. Di akhir pertandingan, petenis nomor satu Rep Ceko Jiri Vesely kerja keras untuk mengalahkan Andrej Martin 4-6 7-5 7-5.

Austria, tanpa petenis nomor tiga dunia Dominic Thiem, mengakhiri harapan Uruguay di Graz dengan Dennis Novak mengalahkan Pablo Cuevas untuk memberi timnya kemenangan 3-1.

India menimbulkan kegemparan di Zagreb di mana duo veteran Leander Paes dan Rohan Bopanna menyisihkan Mate Pavic dan Franko Skugor pada nomor ganda Sabtu (7/3/2020), untuk mempertahankan pertandingan dengan Kroasia. Tapi, Marin Cilic dengan cepat mengubur harapan India dengan kemenangan 6-0, 6-1 atas Sumit Nagal.

Jerman mengalahkan Belarus 4-1 sementara Kolombia mengalahkan Argentina dalam derby Amerika Selatan. Di Cagliari, Italia menghancurkan Korea Selatan 4-0. Sedangkan Kazakhstan akan berada di Madrid untuk tahun kedua setelah mengalahkan Belanda.

Australia mengalahkan Brasil 3-1, sementara Amerika Serikat, satu-satunya negara dengan gelar Piala Davis lebih banyak dari Australia, mengalahkan Uzbekistan 4-0.

Final Piala Davis 2020 merupakan edisi kedua setelah perubahan format pada 2019 lalu. Sebanyak 18 tim akan dibangi dalam enam grup masing-masing tiga tim. Juara grup dan dua runner-up terbaik lolos ke babak perempat final.

Perubahan format itu setelah kesepakatan kerja sama Kosmos, perusahaan investasi Spanyol milik pemain sepak bola Barcelona Gerard Pique, dengan ITF senilai USD3 miliar selama 25 tahun.

Spanyol menjadi pemenang tahun lalu Spanyol, dan Kanada sebagai runner-up. Kedua tim itu, bersama semifinalis Inggris dan Rusia, serta wildcard Serbia dan Prancis tidak perlu bermain di kualifikasi. Sedangkan tim lolos kualfikasi adalah Australia, Austria, Kolombia, Kroasia, Republik Ceko, Ekuador, Jerman, Hungaria, Italia, Kazakhstan, Swedia, Amerika Serikat.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1401 seconds (0.1#10.140)