Kickoff Liga 2 Digelar Hari Ini, PSSI Buat Terobosan

Sabtu, 14 Maret 2020 - 17:38 WIB
Kickoff Liga 2 Digelar Hari Ini, PSSI Buat Terobosan
Kickoff Liga 2 Digelar Hari Ini, PSSI Buat Terobosan
A A A
BALIKPAPAN - Hari ini PSSI dan PT Liga Indonesia Bersatu (LIB) resmi melakukan kick-off Liga 2. Pertandingan yang disiarkan langsung oleh televisi nasional disebut sebagai sebuah trobosan.

Sebagaimana kompetisi Liga 1 yang digulirkan tepat waktu pada 29 Februari 2020, Liga 2 pun diputar sesuai perencanaan awal, pada pekan kedua Maret 2020. Kick-off Liga 2 ditandai dengan pertandingan perdana di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, antara tuan rumah Persiba menjamu Kalteng Putra Palangkaraya.

Selain dimulainya liga tepat waktu, sesuai visi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk menjalankan kompetisi yang teratur, bersih dan berkualitas, PSSI juga melakukan berbagai terobosan untuk mengangkat pamor Liga 2. Salah satunya dengan membuat kompetisi ini disiarkan langsung oleh televisi nasional.

Hari ini stasiun televisi nasional menyiarkan secara langsung partai perdana Liga 2 dari Stadion Batakan, Balikpapan, pukul 18.00 WIB.

Secara total, televisi nasional tersebut menayangkan langsung sebanyak 62 pertandingan Liga 2 2020 dari pertandingan pembukaan hingga partai final, Oktober mendatang. Laga-laga ini bertitel ‘Road to GBK’ karena partai puncak Liga 2 akan dimainkan di stadion utama kebanggaan masyarakat Indonesia.

Liga 2 2020 diikuti 24 tim, serta dibagi dalam dua grup, masing-masing 12 tim di Wilayah Barat dan Wilayah Timur. Nantinya hanya tiga tim saja yang akan memperoleh tiket promosi ke Liga 1 2021.

Juara dari masing-masing grup Liga 2 (Wilayah Barat dan Timur) otomatis mendapatkan jatah naik ke Liga 1 dan mendapat kehormatan tampil dalam partai final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sementara satu tiket promosi tersisa akan menjadi hak dari runner up grup. Dua tim yang menempati posisi ini akan memainkan laga ‘play off’, juga di Stadion GBK, untuk menentukan satu tim pemenang menuju Liga 1.

Pada Liga 2 2020, dua belas tim yang ada di Wilayah Barat yakni PSMS Medan, Semen Padang, PSPS Riau, Tiga Naga Pekanbaru, Babel United, Sriwijaya FC, Badak Lampung, Cilegon United, Perserang Serang, PSKC Cimahi, Persekat Tegal dan PSIM Yogyakarta.

Adapun dua belas tim lain di Wilayah Timur yakni PSCS Cilacap, Persijap Jepara, Persis Solo, PS Hizbul Wathan Sidoarjo, Putra Sunan Giri Gresik, Martapura FC, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, Persewar Waropen, Mitra Kukar, Sulut United dan PSBS Biak.

Bukti serius perhatian pemerintah dan PSSI pada Liga 2 yakni hadirnya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan juga Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada kick-off Liga 2 hari ini di Stadion Batakan, Balikpapan.

Ini merupakan kali kedua hadirnya duet tokoh olahraga nasional Indonesia membuka gelaran kompetisi sepakbola profesional setelah 29 Februari lalu, Menpora dan Ketua Umum PSSI menghadiri kick-off Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Hal lain yakni dinaikkannya subsidi bagi klub-klub peserta Liga 2, sehingga setiap tim bisa lebih bersemangat dalam menjalankan setiap pertandingan.

"Kita tahu, Indonesia merupakan negara yang terbentang sangat luas. Hal ini juga kita rasakan dalam gelaran Liga 2 yang pesertanya mulai PSMS Medan dan Semen Padang di barat hingga Persewar Waropen dan PSBS Biak di ujung timur," kata Iriawan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8084 seconds (0.1#10.140)