KBRI Tokyo: Belum Ada Konfirmasi Penundaan Olimpiade 2020

Selasa, 24 Maret 2020 - 18:01 WIB
KBRI Tokyo: Belum Ada Konfirmasi Penundaan Olimpiade 2020
KBRI Tokyo: Belum Ada Konfirmasi Penundaan Olimpiade 2020
A A A
JAKARTA - Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Tokyo, Eko Junor, membantah kabar yang menyatakan bahwa Olimpiade 2020 bakal ditunda. Dikatakannya, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi yang ada adalah kemungkinan penundaan.

"Belum ada konfirmasi penundaan, yang ada baru komunikasi antara kemungkinan penundaan antara Presiden IOC dengan PM Jepang," kata Eko, Selasa (24/3/2020).

Awalnya masyarakat di Jepang menginginkan hajatan empat tahunan itu sesuai jadwal. Hanya saja, kata Eko, dengan adanya keberatan dari sejumlah negara dalam mengirimkan atletnya, maka pemerintah Jeoang dan masyarakat mulai melunak.

"Secepatnya secara official konfirmasi masalah tersebut akan diinfokan oleh IOC dan TOCOG kepada seluruh anggota IOC," tambah Eko.

Apa yang disampaikan Eko sekaligus membantah pernyataan anggota IOC, Dick Pound. Dia mengatakan Komite Olimpiade Internasional akan segera mengumumkan rincian rencana penundaannya.

Pengumuman penundaan Pound datang sehari setelah presiden IOC Thomas Bach mengatakan komite akan mengambil empat minggu ke depan untuk menentukan apakah Olimpiade Tokyo akan ditunda. "Itu akan datang secara bertahap," kata Pound. "Kami akan menunda ini dan mulai berurusan dengan semua konsekuensi dari memindahkan ini, yang sangat besar."

Eko menambahkan rencananya, Videoconference PM Jepang dengan Presiden IOC bakal berlangsung pada pukul 18.00 WIB. Nanti KBRI Tokyo, akan memberikan informasi terbaru terkait hasil pembicaraan tersebut.

Sementara itu, Indonesia tidak ingin berspekulasi terlalu jauh terkait wacana penundaan yang dinyatakan negera peserta Olimpiade Tokyo 2020. itu sebagaimana disampaikan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Okto menekankan bahwa pihaknya tetap memberikan dukungan penuh pada IOC. Dan, akan jalan berbarengan dengan IOC menyoal jadwal Olimpiade 2020. (Baca juga: Menyoal Sikap Indonesia Terkait Olimpiade Tokyo 2020 )

"Indonesia akan mendukung apakah Olimpiade 2020 dilaksanakan sesuai jadwal atau ada penundaan yang ditetapkan IOC. Prinsipnya, saya tidak percaya IOC akan mempertaruhkan keselamatan atlet dan tim ofisial. Intinya, kita akan mendukung keputusan apa pun yang dibuat IOC. Toh, memberikan support tidak akan rugi," pungkas Okto.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9960 seconds (0.1#10.140)