alexametrics

Jika Penangguhan Kompetisi Diperpanjang, Sancho Batal Hengkang

loading...
A+ A-
MANCHESTER - Pakar keuangan sepak bola, Kieran Maguire, mengatakan Jadon Sancho mungkin akan membatalkan niatnya untuk bergabung dengan klub Liga Inggris musim ini jika kompetisi sepak bola di Eropa diperpanjang hingga Juli mendatang. Ini juga akan menganulir kesepakatan sebelumnya yang dicapai Chelsea terhadap Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam.

Masa depan Sancho bersama Borussia Dortmund makin ramai dibicarakan setelah klub mempersilakan pemain tersebut untuk angkat kaki pada bursa transfer musim panas ini. Sejumlah klub papan atas di Eropa pun mulai ancang-ancang mengirimkan tim untuk melakukan negosiasi.

Real Madrid dan Manchester United dikabarkan getol untuk mendekati pemain tengah asal Inggris tersebut. Setan Merah misalnya, mereka sangat optimis bisa mengalahkan para pesaingnya untuk mendapatkan pemain yang sudah mencetak 17 gol dan 19 assist dari 35 pertandingan di semua kompetisi bersama Dortmund. (Baca juga: Kalahkan Real Madrid, MU Hampir Pasti Rekrut Jadon Sancho)



Meski demikian, Maguire meyakini perpanjangan penangguhan kompetisi musim ini akan berdampak pada transfer pemain bintang, seperti Sancho. "Dalam hal pemain yang sudah masuk, saya tidak berpikir ada terlalu banyak masalah. Namun jika, musim terus diperpanjang, maka saya pikir mungkin ada komplikasi," katanya dikutip dari Sancho.

"Anda akan memiliki pemain yang akan keluar dari kontrak yang secara teori akan berakhir pada 30 Juni di sebagian besar liga senior di Eropa. Sekarang bisa jadi pemain itu sedang menantikan transfer berkuasa Bosman. Atau Anda bisa memiliki pemain seperti Jadon Sancho, yang telah bermain sangat baik musim ini dan telah disebut-sebut berada di garis tembak untuk beberapa senjata besar di Liga Premier. Jika dia benar-benar berpikir tentang pindah musim panas ini, dia mungkin sedikit enggan berangkat jika musim Jerman diperpanjang," tambah Maguire.

Liga Premier dan Liga Sepakbola Inggris (EFL) menetapkan tanggal 30 April sebagai tanggal mulai yang potensial tetapi sejumlah pejabat sepakat bahwa musim tidak dapat dilanjutkan sampai itu "aman dan pantas untuk dilakukan".

Maguire mengatakan bahwa semakin jauh menuruni tangga sepak bola, semakin banyak masalah yang akan dihadapi klub untuk mempertahankan aset mereka yang paling berharga di musim panas ini. Terutama dengan lamanya kontrak yang berdetak tanpa ada pertandingan sepak bola yang dimainkan secara efektif.

"Jika kita melihat pada para pemain yang kontraknya berakhir pada 30 Juni, apa yang akan terjadi kemudian? Terutama jika kita melihat klub di liga yang lebih rendah, di mana sebagian besar pemain memiliki kontrak satu dan dua tahun, mereka akan khawatir tentang masa depan jangka panjang mereka memperpanjang kontrak enam atau delapan minggu.

"Dan potensi bahaya cedera yang mengakhiri karier atau cedera, yang membuat mereka keluar dari mata publik atau dari pengintai dan manajer potensial selama enam bulan, itu akan menjadi perhatian bagi mereka juga. Saya pikir kita sangat banyak berada di perairan yang belum dipetakan. Dan mungkin ada banyak konsekuensi hukum jika musim melampaui 30 Juni yang tentu saja, harus ada probabilitas yang sangat tinggi."
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top