Tinggalkan LPIS, PSCS membelot ke PT Liga

Sabtu, 01 September 2012 - 14:46 WIB
Tinggalkan LPIS, PSCS membelot ke PT Liga
Tinggalkan LPIS, PSCS membelot ke PT Liga
A A A
Sindonews.com - PSCS Cilacap berencana pindah kompetisi di bawah naungan PT Liga Indonesia (Liga) untuk musim depan. Langkah tersebut berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh jajaran managemen selama mengarungi kompetisi Divisi Utama PT LPIS 2011-2012. Namun, klub berjuluk Laskar Nusakambangan ini bakal beralih ke PT Liga jika musim depan masih terjadi dualisme kompetisi.

Pelatih PSCS Cilacap Gatot Barnowo mengatakan, sebenarnya keinginan untuk musim depan tidak terjadi lagi dualisme kompetisi, baik versi PT LPIS atau PT Liga. "Kami berharap joint committe bisa mempersatukan kompetisi untuk musim depan. Tapi kalau terpaksa masih terjadi dualisme, PSCS akan pindah ke PT Liga," katanya, Sabtu (1/9/2012).

Menurut dia, keinginan hijrah ke kompetisi PT Liga karena beberapa pertimbangan. Secara teknis, penjadwalan pertandingan di PT Liga lebih bagus dibanding PT LPIS. Tetap berada di bawah PT LPIS sulit menggaet sponsor karena Divisi Utama tidak disiarkan langsung oleh stasiun TV nasional. "LPIS yang disiarkan hanya IPL saja, Divisi Utama tidak disiarkan. Sedangkan PT Liga, baik ISL dan Divisi Utamanya disiarkan," ungkapnya.

Gatot mengatakan, dengan disiarkannya di TV nasional tersebut membuat managemen klub kebanggaan warga Cilacap ini bisa leluasa menggaet sponsor. "Kami berpendapat, pamor Divisi Utama LPIS masih kalah dibanding Divisi Utama PT Liga. Sponsor juga akan tertarik jika mensponsori klub sepak bola yang disiarkan di TV. Ini berdasarkan evaluasi managemen," jelasnya.

Mantan Pelatih Persibas Banyumas ini menegaskan, keinginan beralih ke PT Liga tidak ada hubungannya dengan gaji pemain maupun biaya operasional lainnya. Selama ini, PSCS menopang gaji dan operasional secara mandiri, tidak bergantung pada konsorsium seperti PT Mitra Bola Indonesia (MBI). "Soal gaji kita mandiri. Pemain digaji dari sponsor, pemasukan klub dari penjualan tiket serta sumber lain," tegasnya.

Alasan inilah yang membuat PSCS leluasa kompetisi mana yang akan diikuti. "Karena kita tidak terikat dengan konsorsium, kita bebas memilih. Mau ke sana atau ke sini tidak ada masalah," ungkapnya.

Gatot mengatakan, keinginan hijrah kompetisi di PT Liga ini juga sudah disampaikan kepada para pemain. Sebagian besar pemain juga mendukung demi mengangkat pamor pesepakbolaan Cilacap di kancah nasional. "Pemain mendukung, bahkan masyarakat Cilacap khususnya pendukung setia PSCS juga menginginkannya," kata dia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7594 seconds (0.1#10.140)