Persib tunggu kepastian kompetisi ISL

Selasa, 25 September 2012 - 17:05 WIB
Persib tunggu kepastian kompetisi ISL
Persib tunggu kepastian kompetisi ISL
A A A
Sindonews.com - Terkait format kompetisi musim depan, manajemen Persib Bandung menyatakan menyerahkan sepenuhnya keputusan terhadap klub dan penyelenggara kompetisi. Manajemen berharap jika format Indonesia Super League (ISL) bakal lebih diterima dan diinginkan klub-klub pada Kongres PSSI yang rencananya dilaksanakan bulan November mendatang.

Manajer Persib Umuh Muchtar mengaku mendapat kabar jika penyelenggaraan kompetisi ISL musim depan akan dilaksanakan pada Januari mendatang. ''Kita sempat mendengar kabar kompetisi akan dilaksanakan pada bulan Januari. Karena pada bulan November rencananya akan dilaksanakan Kongres untuk membahas banyak hal seperti kompetisi. Tapi kita tetap mengacu pada rencana semula yakni di bulan November,” ujar Umuh.

Menurutnya, kompetisi ISL yang didengung-dengungkan dimulai November mendatang pun bukan merupakan sebuah kepastian. Pasalnya, belum ada keputusan resmi dari PT Liga Indoensia sebagai pengelola ISL.

''Kita belum bisa banyak berbicara dulu. Kita diberitahu 27 September nanti ada pertemuan dengan PT Liga Indonesia. Sedangkan Kongres PSSI baru diperkirakan awal November. Sehingga kompetisi baru lancar Desember atau Januari. Jadi klub-klub itu kan sekarang lagi kebingungan,” paparnya.

Pada pertemuan PT Liga Indonesia nanti, menurut Umuh, akan ada pembahasan mengenai persiapan kompetisi musim depan. Umuh mengklaim akan memberi dukungan dengan rencana digelarnya Kongres PSSI November mendatang. Hal itu dilakukan mengingat selama ini Persib terus berada di jalur kompetisi ISL. ''Kita tetap berjalan seperti musim kemarin (di ISL),” tegasnya.

Ketidakjelasan kompetisi tersebut, lanjut Umuh, berimbas pada rencana penandatanganan kontrak pemain. Hingga kini, belum satupun pemain yang menandatangani kontrak dengan Persib untuk musim depan. ''Kalau kita sekarang kontrak, tapi kompetisinya belum jelas kan bahaya juga. Kalau liga sudah menentukan kapan mulai kompetisi, kita juga bisa menentukan kontrak akan tanggal berapa,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kemungkinan molornya jadwal kompetisi dengan mengagendakan tur ke daerah untuk menghindari potensi kejenuhan akibat terlalu lama menjalani program latihan.

''Kalau memang benar kompetisi akhirnya mundur jadi bulan Januari tahun depan, tentunya harus ada program yang tidak akan membuat pemain merasa jenuh. Mungkin nanti kita akan lebih banyak tur ke daerah untuk menggelar uji coba,” tambahnya.

Nakhoda Persib Jajang Nurjaman pun tampaknya tak banyak masalah jika memang kompetisi harus mundur lagi. Bahkan diakui Jajang, jika kemungkinan kompetisi diundur karena alasan mematangkan format kompetisi musim depan, hal itu justru sangat menguntungkan pihaknya.
Sebab, dengan demikian, Persib bisa lebih lama dalam melakukan persiapan jelang kompetisi bergulir. ''Bagi kami, hal itu tidak berpengaruh terhadap program latihan dan persiapan tim. Justru itu bagus agar persiapan kita lebih matang,” katanya.

Namun, dikatakan Jajang, sejauh ini pihaknya belum menerima kabar terkait adanya pengunduran jadwal kompetisi. Yang diketahuinya, justru malah sebaliknya yakni, kompetisi ISL akan tetap digelar pada November mendatang. ''Saya belum menerima informasi kalau diundur. Informasi yang saya terima justru kalau kompetisi akan tetap digelar November,” tuntasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5205 seconds (0.1#10.140)