Rela mati, Schalke sediakan makam bagi fans

Senin, 10 Desember 2012 - 10:07 WIB
Rela mati, Schalke sediakan makam bagi fans
Rela mati, Schalke sediakan makam bagi fans
A A A
Sindonews.com - Loyalitas fans terhadap klub sepak bola yang dicintainya terkadang sampai dalam kategori tak masuk akal.Apa pun akan dilakukan fans bagi klubnya.

Bahkan, mati pun rela, asal kehormatan, kejayaan,serta reputasi tim kesayangan tetap menjulang. Salah satu klub anggota Bundesliga Schalke 04 sangat menyadari hal ini.Malah, berkat hasrat,dukungan dan kepercayaan yang diberikan pendukungnya membuat tim ini terus bekerja keras untuk memberikan balasan setimpal bagi kelompok pendukung. Prestasi di Eropa adalah salah wujud klub membayar segala bentuk dukungan.

Namun,itu ternyata belum cukup.Sebab, di luar sana,ternyata ribuan bahkan jutaan pendukung Royal Bluesmasih menginginkan penghargaan dalam bentuk lain untuk dedikasi yang sudah mereka berikan bagi klub,terutama yang ditunjukkan oleh kelompok pendukung yang bisa dikatakan “rela mati”bagi klub. Untuk itu,bagi para loyalis pendukung klub yang bahkan sampai rela memberikan nyawanya,manajemen Schalke lantas membangun sebuah pemakaman yang dikhususkan bagi fans setianya.

Pemakaman Beckenhausen-Sutum di Gelsenkirchen,di mana lokasinya hanya 500 meter dari Veltins Arena,stadion klub dibangun. Di sana tersedia 1.904 liang pemakaman untuk menampung fanssetia klub yang ingin terus menjadi bagian tim sampai tutup usia. Memang,untuk fansyang ingin dimakamkan di sana mesti membayar senilai 6.656 euro atau sekitar Rp82.732.13 juta. Lantaran ongkos yang cukup mahal untuk pemakaman ini,banyak yang menilai klub sekadar bermotif bisnis.Tapi, manajemen membantah kabar ini.

“Klub tak memungut sesen pun untuk proyek ini,” ujar sumber klub,sebagaimana dilansir Bild. Konsep membangun pemakaman untuk fans setia seperti yang dilakukan Schalke, sejatinya,bukan yang pertama.Klub Argentina Boca Juniors memperkenalkan konsep ini pada 2006.Lalu,ide ini kemudian dijejaki klub Jerman Hamburg SV yang membangun pemakaman pada 2008.

Menarik dinanti,apakah pemakaman ini akan menarik minat para loyalis untuk kekal di sana.Orang-orang menikah mendambakan pernikahan langgeng sampai tutup usia. Seperti halnya harapan mulia itu,fans Schalke pun ingin terus bersama dengan klub untuk selamanya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6629 seconds (0.1#10.140)
pixels