Counter attack jadi senjata utama

Selasa, 29 Januari 2013 - 20:11 WIB
Counter attack jadi senjata utama
Counter attack jadi senjata utama
A A A
Sindonews.com - Persela Lamongan akan memeragakan permainan cepat demi memperoleh angka di kandang Persiwa Wamena di Stadion Pendidikan, Wamena. Sadar bahwa bermain terlalu terbuka bukan sebuah solusi bijaksana, counter attack bakal dijadikan senjata utama.

Bermain di Pegunungan Jayawijaya menyuguhkan tantangan fisik bagi Gustavo Lopez dkk. Cuaca dingin dengan lapisan oksigen lebih tipis, membuat pemain lebih cepat lelah. Karena itulah permainan menyerang yang diperontonkan saat mengalahkan Persepam Madura United kemungkinan tak akan terlihat.

Gomes mengisyaratkan bakal menjaga kedalaman di sektor pertahanan agar tidak terlalu terbuka. Sangat masuk akal mengingat permainan ofensif bakal berisiko menguras energi pemainnya. Persela hampir pasti memanfaatkan kecepatan sejumlah pemain untuk melakukan tekanan ke tuan rumah.

Pemain yang bisa memerankan tugas ini antara lain Samsul Arif, Jimmy Suparno serta Inkyun Oh. ''Kami akan menunggu momentum yang bagus untuk melakukan serangan. Tentu tidak akan terbuka seperti saat menghadapi Persepam. Banyak faktor yang perlu kami pertimbangkan, terutama mengatur stamina” ungkap Gomes, Selasa (29/1).

Kendati pola 4-4-2 sudah bisa diterapkan dengan apik pada laga perdana lalu, bukan tidak mungkin ada perubahan. Melihat sumber daya yang dimiliki Laskar Joko Tingkir, tim bisa bertransformasi ke 4-5-1 dengan menempatkan Mario Costas sebagai striker tunggal di depan.

Itu sangat memungkinkan karena Samsul Arif yang rajin mencari bola bisa ditarik sedikit ke belakang menjadi second striker atau gelandang serang. Pola ini juga mudah melebar ke 4-2-3-1 dengan memanfaatkan Jimmy Suparno dan Inkyun Oh menggempur dari kedua sayap.

''Formasi mungkin tidak banyak berubah. Tergantung di lapangan nanti atau kondisi lawan. Pemain sudah sangat bagus memainkan posisinya di pertandingan lalu, dan misi pertama kami adalah mempertahankan itu,” tambah Gomes. Salah satu kelemahan Persela mungkin absennya Gilang Angga.

Dia diberi libur khusus karena ayahnya meninggal dunia. Gilang Angga sendiri sudah nyetel sebagai full back kanan dan Gomes tentu berharap penggantinya bisa menjalani tugas dengan baik. Arifki Eka Putra atau Eki Taufik bisa menjadi alternatif di rusuk kanan Laskar Joko Tingkir.

''Kami sudah melakukan tugas dengan baik di pertandingan pertama lalu. Sekarang menguji sejauh mana kami bisa meraih angka di kandang Persiwa. Pertandingan yang pasti akan sulit, namun kami akan memberikan penampilan terbaik untuk bisa minimal satu angka,” tutur Samsul Arif, yang memborong dua gol ke gawang Persepam.

Persela Lamongan berangkat ke Papua pada Selasa (29/1) dan tetap pada rencana semula menginap di Jayapura. Sesuai jadwal, Kamis (31/1), tim baru berangkat menuju Wamena sebelum sorenya melakoni pertandingan. Opsi ini cukup langka dan tidak diterapkan semua klub, karena biasanya tim langsung menuju Wamena
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7520 seconds (0.1#10.140)