Patung Casillas untuk sindir pengangguran di Spanyol

Senin, 18 Maret 2013 - 15:58 WIB
Patung Casillas untuk...
Patung Casillas untuk sindir pengangguran di Spanyol
A A A
Sindonews.com - Krisis ekonomi yang melanda Eropa membuat sejumlah orang mempersepsikan dalam berbagai hal. Seperti yang terjadi Spanyol. Kiper Real Madrid, Iker Casillas menjadi simbol dalam perayaan tahunan di Spanyol yang bertajuk Fallas.

Fallas sendiri merupakan sebuah perayaan tradisional tahunan yang digelar dalam rangka memperingati Saint Joseph di Valencia. Highlight dari Fallas ini biasanya berupa parade karya seni berukuran raksasa yang diarak di jalanan sebelum akhirnya dibakar. Umumnya, karya seni tersebut menampilkan seorang publik figur Spanyol.

Terlihat dalam gambar, kekasih dari Sara Carbonero itu digambarkan tengah menyelamatkan bola di depan sebuah bangunan yang hampir runtuh milik Dewan Perwakilan Rakyat Spanyol. Tak hanya itu, di atas patungnya terdapat tulisan "Kongres Terdakwa" yang menyindir habis anggota dewan.

Lewat sebuah patung, pemain 31 tahun itu digambarkan tengah menyelamatkan bola di depan sebuah bangunan yang hampir runtuh milik Dewan Perwakilan Rakyat Spanyol. Di atas patung Casillas, terdapat tulisan ’’Kongres Terdakwa”

Patung tersebut merupakan bentuk sindiran atas krisis pengangguran yang mendera Spanyol. Mereka menempatkan Casillas sebagai pelindung rakyat terhadap mesin politik yang rusak.

Ini bukan kali pertama Casillas dijadikan tema Fallas. Tahun 2011, banyak seniman membuat patung yang menggambarkan Casillas tengah mencium kekasihnya, Sara Carbonero, usai final Piala Dunia 2010.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0748 seconds (0.1#10.140)