Caxirola goyang Piala Dunia 2014

Kamis, 25 April 2013 - 17:52 WIB
Caxirola goyang Piala Dunia 2014
Caxirola goyang Piala Dunia 2014
A A A
Sindonews.com - Brasil secara resmi meluncurkan alat musik Caxirola yang akan digunakan oleh penonton selama mereka menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2014 mendatang. Caxirola itu merupakan alat musik perkusi yang terbuat dari plastik daur ulang. Bahkan suara yang dikeluarkan alat tersebut bisa menandingi Vuvuzela, yang sebelumnya digunakan pada Piala Dunia 2010, Afrika Selatan lalu.

Ketimbang Vuvuzela, bunyi Caxirola tidak senyaring alat musik yang itu. Vuvuzela mengeluarkan suara bising yang dapat mengganggu konsentrasi pemain. Bahkan di Eropa, penggunaan Vuvuzela sudah tidak boleh lagi digunakan. Pembuatan Caxirola ini dilakukan oleh seniman Brasil, Carlinhos Brown yang bekerja sama Kementerian olahraga serta FIFA.

Caxirola sendiri seperti dua gelas besar yang berisikan butiran keras di dalamnya. Warna yang ditampilkan dalam alat musim itu menciri khaskan negara mereka (Kuning-Hijau) dan cara menggunakannya yakni menggerakkan alat itu dengan kedua tangan. Sensasi suara yang dikeluarkan Caxirola seperti suara derik seekor ular.

Alat ini akan membantu menciptakan suasana yang unik di dalam stadion. Pasalnya, para pendukung pasti akan bergoyak ketika mereka menggerakkan Caxirola. Presiden Brasil, Dilma Rousseff mengatakan warna hijau dan kuning melambangkan harapan serta kepedulian terhadap perkembangan sepakbola pada masa depan.

"Ini adalah sebuah obyek yang memiliki kemampuan untuk melakukan dua hal. Pertama, menggabungkan gambar dengan mengeluarkan suara dan menciptakan kehangatan di dalam stadion selama pertandingan berlangsung," tutur Rousseff seperti dilansir DailyMail, Kamis (25/4/2013).
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4616 seconds (0.1#10.140)