Makna 50 tato Kelly Purwanto

Sabtu, 27 April 2013 - 23:12 WIB
Makna 50 tato Kelly Purwanto
Makna 50 tato Kelly Purwanto
A A A
Sindonews.com - Kelly Purwanto Ari Nugroho adalah salah seorang pemain dengan fans paling banyak di Speedy NBL Indonesia. Namun, banyak fans Kelly yang tidak tahu jika sang idola memiliki tato yang banyak ditubuhnya.
Bagi Kelly Purwanto tato bukan hanya karya seni. Lebih dari itu, tato adalah sarana untuk menunjukkan identitas dan jati diri. Juga sebagai media penyampaian pesan.
Dengan sikap seperti itu, tak berlebihan jika point guard Pelita Jaya Energi-MP Jakarta tersebut memiliki begitu banyak tato. Sekarang ada 50 tato yang menghiasi tubuhnya dan besar kemungkinan akan bertambah.
Tato terakhir dibikin Kelly sebelum seri V Bali. Yakni gambar bibir perempuan berwarna merah menyala di leher kirinya. "Ini menandakan saya pencinta wanita," ucap Kelly seperti dilansir laman resmi NBL Indonesia.
Pemain kelahiran Jakarta, 3 Agustus 1983, tersebut mulai membuat tato saat lulus SMA pada 2000. Tato pertama adalah gambar wajah Yesus di punggung kirinya. Tato tersebut sekarang tidak ada. Kelly menindihnya dengan gambar sayap malaikat yang tak hanya menghiasi punggung kiri, tetapi juga punggung kanan.
Mantan pemain Garuda Kukar Bandung itu menegaskan berani membuat tato karena sudah tidak bergantung pada orang tua. Sejak lulus SMA, karena keahliannya bermain basket, Kelly tidak mendapatkan suplai keuangan dari Abednego Purwanto dan Aryani Astuti, bapak dan ibunya. Saat itu Kelly mendapatkan beasiswa penuh dari STIE Perbanas Jakarta.
"Saya lama menyembunyikan tato dari orang tua. Padahal, saat itu tato saya lumayan banyak, ada lima. Di rumah saya sering pakai lengan panjang," sambungnya.
Orang tua Kelly akhirnya tahu bahwa sang anak memiliki tato. Namun, Abednego dan Aryani tak pernah marah. Hanya sekali dalam 13 tahun terakhir Aryani memberikan nasihat agar Kelly tak menambah tato.
Kelly memang sangat sayang dan hormat kepada orang tuanya. Saat Abednego meninggal pada tengah 2012, Kelly membuat tato tulisan nama bapaknya itu di dada kiri.
Di antara puluhan tato, favorit Kelly adalah tulisan Only God Can Judge Me di lengan kiri. Kalimat tersebut berasal dari judul lagu musisi rap legendaris Amerika Serikat Tupac Shakur.
Bagi Kelly, tato tersebut menyampaikan pesan bahwa dirinya tak bisa dihakimi oleh siapa pun. "Termasuk tidak menghakimi saya yang banyak tato ini. Sebab, tato bukan image kejahatan," paparnya.
Sejauh ini Kelly gemar membuat tato bertema religius. Misalnya, wajah Yesus di punggung tangan kanannya. Dia juga menuliskan ayat-ayat Alkitab di tubuhnya. Misalnya, I am the way and the truth and the life. No one comes to the Father except through me (John 14:6) di rusuk kanannya.
Mayoritas tato Kelly tidak dibuat di Jakarta, tetapi di Malang dan Surabaya
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0743 seconds (0.1#10.140)