Menangkal kejutan Di Kanjuruhan

Minggu, 02 Juni 2013 - 16:42 WIB
Menangkal kejutan Di Kanjuruhan
Menangkal kejutan Di Kanjuruhan
A A A
Sindonews.com —Lelah setelah susah payah mengalah Persib Bandung, kini Arema Cronous harus konsentrasi menjamu Persita Tangerang pada lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) di Stadion Kanjuruhan, Senin (3/6). Klub berjuluk Singo Edan berkoar bakal menangkal kemungkinan adanya kejutan dari tim tamu.

Maklum, Persita menjadi perbincangan hangat di Malang setelah berhasil mengejutkan Persegres Gresik United dengan kemenangan dua gol di Gresik. Bermula sebagai tim lemah yang diremehkan, tim berjuluk Pendekar Cisadane kini menjadi lawan yang diperhitungkan di Kanjuruhan.

Itu cukup beralasan mengingat Persita mencatat progres sangat positif di dua laga terakhir. Setelah mengimbangi Persib 2-2. Christian Carassco dengan gagah mengangkangi Persegres 0-2. Fakta ini tidak bisa diabaikan begitu saja oleh Arema yang juga mengalami pekan-pekan terbaik.

Pelatih Arema Cronous Rahmad Darmawan mengakui Persita mengalami perkembangan bagus di putaran dua. Dirinya berkeyakinan calon lawan memiliki potensi untuk membuat kejutan di Kanjuruhan. Melihat apa yang dilakukan di Gresik, pelatih bersapa RD ini mau tak mau harus waspada.

“Ada sejumlah keuntungan yang dimiliki Persita, yakni mental bagus setelah menang di Gresik dan masa recovery lebih panjang. Itu yang membuat kami tidak boleh lengah sedikit pun karena mereka bisa mengejutkan. Saya ingin tim tetap stabil dan menunjukkan performa terbaik,” tegas RD, Minggu (2/6).

Menyiasati kondisi stamina yang masih lelah, RD sebelumnya berhasrat melakukan rotasi. Tapi di sisi lain dia mengakui sangat tidak bijaksana jika mengubah komposisi tim terlampau besar. Rotasi kemungkinan hanya dilakukan pada satu-dua posisi saja dan tidak sampai melebihi tiga pemain.

“Tetap ada rotasi, tapi bukan berarti saya mengubah komposisi besar-besaran. Mungkin tidak sampai tiga pemain,” terangnya. Lini tengah mungkin menjadi objek rotasi utama, karena ada sejumlah pemain yang lebih fresh seperti Gede Sukadana, Dedi Kusnandar atau Joko Sasongko.

Gelandang serang juga bisa memunculkan nama alternatif seperti Dendi Santoso. Pastinya, Beto Goncalves bakal menjadi aktor serangan Arema sejak menit awal karena dia lebih bugar setelah menjadi pemain pengganti saat lawan Persib Bandung. Dia bisa mengganti peran Greg Nwokolo yang tak begitu optimal.

Perubahan lain tentu saja di posisi centre back yang ditinggal Thierry Gathuessi karena cedera dua pekan. Purwaka Yudhi tampaknya lebih berpeluang menjadi starter setelah bermain gemilang lawan Persib. Di belakang Purwaka masih ada Munhar yang kualitasnya cukup setara.

Dari kubu tim tamu, Persita mencoba tidak membawa beban kala bermain di hadapan puluhan ribu Aremania. Bermain lepas dan tanpa tekanan bakal coba kembali diterapkan karena terbukti berhasil mendatangkan kemenangan di Gresik. Strategi bertahan masih tetap diterapkan Pelatih Giman Nurjaman.

Pelatih yang menggantikan posisi Elly Idris ini tidak mau konyol dengan bermain terbuka di Kanjuruhan. Menghadapi tim sekaliber Arema yang dikenal agresif dan selalu menyerang, pihaknya tidak akan meladeni dengan permainan serupa. “Kami bermain aman dulu sambil mencari kesempatan,” kata Giman.

Dia tak menampik strategi nantinya bakal tidak jauh berbeda dengan saat tampil di Gresik. “Kami datang tanpa beban karena sudah mendapat tiga poin di Gresik. Tidak ada tuntutan harus meraih poin, walau itu tetap harus kami upayakan. Semua pasti tahu kualitas Arema dan akan kami hadapi dengan tenang,” lanjutnya.

Pola 4-5-1 yang diterapkan di Gresik sangat efektif dalam membendung tim dengan karakter agresif. Christian Carassco bakal tetap menjadi tumpuan utama di lini depan, apalagi dia mencetak salah satu gol di Gresik. Lima gelandang di lapangan tengah bakal berjibaku menahan gempuran lawan sekaligus membantu serangan.(kukuh setyawan)

Arema Cronous (4-1-3-2):
Kurnia Meiga (gk), Hasyim Kipuw, Victor Igbonefo, Purwaka Yudhi, Benny Wahyudi; Gede Sukadana; Dendi Santoso, Dedi Kusnandar, Kayamba Gumbs; Beto Goncalves, Christian Gonzales.

Persita Tangerang (4-5-1):
Mukti Ali Raja (gk), Firdaus Ramadhan, Leo Saputra, D Fakdawer, Ledi Utomo; Ade Jantra, Na Nyung Yul, Fabricio Pereira, Maman, Kim Dong Chan; Christian Carassco.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5851 seconds (0.1#10.140)