Wanita satu kaki pertama taklukan Everest

Selasa, 04 Juni 2013 - 02:11 WIB
Wanita satu kaki pertama taklukan Everest
Wanita satu kaki pertama taklukan Everest
A A A
Sindonews.com - Punya satu kaki bukan berarti akhir dari segalanya Arunima Sinha adalah seorang wanita yang kehilangan salah satu kakinya karena jatuh dari kereta api. Namun sekarang dia telah menjadi wanita berkaki satu pertama yang berhasil menaklukkan puncak Everest.

Sinha kehilangan salah satu kakinya karena terjatuh dari kereta api, dua tahun lalu. Ketika itu dia sedang membela diri dari pencopetan. Namun sayang, ketika jatuh, kereta mengenai kaki kirinya, sehingga harus diamputasi di bawah lutut.

Seperti dilansir dari Discovery, wanita berasal dari wilayah utara Utar Pradesh, India ini berhasil mencapai puncak Everest. pada hari Selasa pagi waktu setempat. setelah mendaki perlahan dari Everest Base Camp.

Sherpa, pemandu Arunima Sinha sempat khawatir dengan gerakan lambat Sinha saat tim mencapai ketinggian 8.750 meter. Namun, setelah itu Sinha kembali percaya diri dan semangat sehingga bisa berjalan sangat cepat.

"Saat itu semua orang mengkhawatirkanku. Kemudian aku berpikir untuk melakukan sesuatu dalam hidupku sehingga semua orang harus berhenti melihatku dengan rasa kasihan," ungkap Sinha.

Tata Steel Adventure Foundation akhirnya menjadi sponsor dan membiayai pelatihan serta panduan untuk pendakian Sinha.

"Kami mengetahui ceritanya, dan tahu bahwa dia sudah pulih dari amputasi yang dideritanya karena dia pernah menjadi atlet yang aktif," tambah Sherpa. Akibat prestasi ini, Sinha menjadi wanita dengan kekurangan fisik pertama yang menaklukkan Everest. Sebelumnya, Tom Whittaker, pendaki Inggris menjadi orang pertama yang kekurangan fisik yang berhasil mencapai puncak Everest.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8348 seconds (0.1#10.140)