Timnas Belanda pagi datang, malam latihan tertutup

Selasa, 04 Juni 2013 - 18:44 WIB
Timnas Belanda pagi datang, malam latihan tertutup
Timnas Belanda pagi datang, malam latihan tertutup
A A A
Sindonews.com - Tim nasional (timnas) Belanda, tiba besok pagi. Pasukan Oranje dijadwalkan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu pagi (5/6), dengan pesawat carteran. Robin van Persie dkk akan menjalani laga uji coba kontra timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jum’at (7/6).

Indonesia memang kedatangan tamu agung. Tidak hanya kedatangan Oranje, julukan timnas Belanda, sejarah Indonesia dengan Belanda yang begitu kental, juga jadi salah satu faktor menariknya laga nanti. Bisa dipastikan pelajaran berharga dari runner-up Piala Dunia 2010, Afrika Selatan, tersebut, akan dikantongi Boaz Salossa dkk.

Ada beberapa agenda yang akan dijalani tim besutan Louis van Gaal selama lawatannya di Tanah Air. Selain agenda utama berujicoba dengan timnas Garuda, timnas Belanda pun akan menggelar coaching chinic, dan workshop. Tidak hanya itu, rombongan timnas Belanda pun akan berjalan-jalan di kota tua.

''Timnas Belanda akan datang, Rabu, 5 Juni, dan rencananya mereka akan menginap di Hotel Shangri-La, Jakarta. Rencananya, hari itu juga, akan langsung digelar konferensi pers dan malamnya digelar latihan tertutup,” ujar COE Nine Sport, Arif Putra Wicaksono, selaku Event Organizer (EO) kedatangan timnas Belanda.

''Pada tanggal 6 (Juni) pagi timnas Belanda diagendakan mengadakan coaching clinic dan latihan terbuka pada malam harinya. Selama di Indonesia juga ada beberapa agenda lain. Salah satunya dengan mengajak timnas Belanda jalan-jalan ke kota tua, untuk melihat bangunan-bangunan Belanda yang masih dilestarikan,” sambungnya.

Sampai detik ini, timnas Belanda akan membawa sekitar 21 pemain dikurangi gelandang serang asal Hamburg SV, Jerman, Rafael van der Vaart yang cedera. VdV, biasa Van der Vaart disapa, harus melepas tur timnas Belanda ke Asia karena mengalami cedera achilles.

Namun, mundurnya Van der Vaart tentu tidak mengurangi kekuatan tim yang menjuarai Piala Eropa 1988 tersebut. Karena pemain-pemain top timnas Belanda saat ini seperti Van Persie (Manchester United), Wesley Sneijder (Galatasaray), John Heitinga (Everton), dan Arjen Robben (Bayern Muenchen), dan Dirk Kuyt (Fenerbahce) dipastikan hadir.

Seperti dilansir AD.nl, Van Gaal menyatakan jika timnya tidak akan main-main dalam lawatannya ke Asia salah satunya Indonesia. Walau menyakini akan meraih gelontoran dana segar, pelatih berusia 61 tahun tersebut akan mendapat hal positif terutama dari segi cuaca.

''Tentu saja kami akan mendapat uang. Tapi, kami akan ke Piala Dunia di Brasil. Dengan cuaca panas di Asia, yang cerah dan lembab, itu sama seperti di Brasil. Kami ingin melihat bagaimana reaksi pemain terhadap situasi seperti itu. Setiap orang tentu ingin berpergian. Apalagi, hampir semua pemain belum pernah ke Indonesia. Ini adalah pengalaman baru.” tutur Van Gaal.

Selain dipastikan akan kedatangan pemain-pemain top timnas Belanda, kunjungan kali ini juga akan diikuti oleh datangnya Presiden Federasi Sepak Bola Belanda, KNVB, Michael van Praag. Datangnya pengurus organisasi tertinggi sepak bola Belanda tersebut, disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Djohar Arifin Husin.

''Saat kami mengikuti Kongres FIFA di Mauritius, Presiden KNVB Michael van Praag menyatakan ‘I’II come to your country’. Kami juga akan berusaha memanfaatkan kedatangan timnas Belanda untuk melakukan bentuk kerja sama. Kami ingin kedatangan timnas Belanda, tidak sia-sia,” jelas Djohar.

Berbagai Agenda Timnas Belanda di Tanah Air :

Rabu (5/6) :

- Timnas Belanda tiba di Tanah Air dengan peswat carteran sekitar pukul 09.00 WIB di bandara Halim perdanakusuma, Jakarta Timur

- Seluruh tim menginap di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat

- Menggelar jumpa pers kedatangan

- Menggelar latihan tertutup pada malam hari

Kamis (6/6) :

- Menggelar coaching Chilic di Lapangan Timnas

- Menggelar workshop

- Jalan-jalan ke kota tua

Jum’at (7/6) :

- Menjalani laga uji coba kontra timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pukul 21.00 WIB

Sabtu (8/6) :

- Direncanakan meninggalkan Tanah Air pada pagi harinya

Perkiraan Daftar Skuat Timnas Belanda vs Timnas Indonesia :

Kiper: Michel Vorm (Swansea), Kenneth Vermeer (Ajax), Jasper Cillessen (Ajax)

Bek: John Heitinga (Everton), Erik Pieters, Dwight Tiendalli (Swansea), Ron Vlaar (Aston Villa), Daryl Janmaat (Feyenoord), Miquel Nelom (Feyenoord)

Gelandang: Lerin Duarte (Heracles Almelo), Jonathan de Guzman (Swansea), Jens Toornstra (Utrecht), Ruben Schaken (Feyenoord), Wesley Sneijder (Galatasaray)

Penyerang: Siem de Jong (Ajax), Dirk Kuyt (Fenerbahce), Jeremain Lens, Robin van Persie (Manchester United), Arjen Robben (Bayern Munich), Ricky van Wolfswinkel (Sporting Lisbon).

Pelatih ; Louis van Gaal
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7964 seconds (0.1#10.140)