Jacksen realistis, sulit bendung Van Persie dkk

Rabu, 05 Juni 2013 - 18:41 WIB
Jacksen realistis, sulit bendung Van Persie dkk
Jacksen realistis, sulit bendung Van Persie dkk
A A A
Sindonews.com - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Jacksen F Tiago, mengaku telah mengantongi komposisi tim jelang laga kontra timnas Belanda, Jumat (7/6). Namun Jacksen menambahkan, jika komposisi yang telah didapatkannya, masih mungkin berubah dalam beberapa hari ke depan.

Tim Garuda terus mempersiapkan diri jelang laga persahaban kontra timnas Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Walau di atas kertas, Boaz Salossa dk jauh di bawah Oranje, julukan timnas Belanda, berusaha bermain sebaik mungkin tetap diterapkan timnas Indonesia.

Terbilang cukup cepat Jacksen mendapat gambaran seperti apa komposisi timnas Indonesia nantinya. Hal itu dikarenakan, Jacksen baru kemarin memegang secara penuh latihan timnas. Karena satu hari sebelumnya, pelatih berpaspor Brasil tersebut masih fokus pada laga terakhir Persipura Jayapura kontra Persija Jakarta, Selasa (4/6).

''Gambaran sudah ada, tapi ,masih belum fixed. Karena apa pun masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan masa persiapan kami. Saya sendiri masih harus menilai bagaimana mereka menjalankan apa yang diinginkan. Respons pemain seperti apa. Tapi secara garis besar sudah ada,” ungkap Jacksen, usai memimpin latihan timnas di SUGBK.

Jacksen sendiri sadar adanya perbedaan yang cukup besar antara timnas Indonesia dan Belanda. Pelatih yang sempat menjadi pemain dan pelatih di Persebaya Surabaya ini menilai, pasti akan sulit membendung penampilan pemain-pemain kelas dunia seperti Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Dirk Kuyt.

''Kami mau mematikan pergerakan Van Persie? Pemain di Eropa saja tidak sanggup. Mungkin, kalau kami pasang tembok di depan gawang, Belanda tidak akan bisa bobol gawang Indonesia,” seloroh Jacksen.

''Yang jelas, level kita tidak sama dengan Belanda. Mereka merupakan runner-up Piala Dunia. Akan tetapi, paling tidak tim ini bisa menguji kemampuan. Supaya bisa terlihat seperti apa organisasi pertahanan dan permainan tingkat dunia,” sambung pelatih bernama lengkap Jacksen Ferreira Tiago tersebut.

Dalam kesempatan kali ini, Jacksen kembali menegaskan jika ke- 21 pemain yang dipanggil saat ini adalah yang terbaik . Dan sambungnya, kesempatan berjumpa tim besutan Louis van Gaal tersebut akan dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

"Pilihan ini merupakan yang terbaik di mata saya. Kalau mereka tidak diberi kesempatan sekarang, lalu kapan lagi? Menghadapi Timnas Belanda merupakan momen yang tepat dan memang sumber daya pemain mencukupi," jelas Jacksen.

Sementara itu, pemain belakang timnas Indonesia, Victor Igbonefo, menilai laga kontra timnas Belanda seperti bertemu dengan tim idola. Tapi pada kesempatan kali ini, pemain naturalisasi yang memperkuat Arema Indonesia di kompetisi Indonesia Super League (ISL), bukan mengidolakan pemain-pemain Belanda. Victor lebih mengidolai asisten pelatih timnas Belanda Patrick Kluivert.

"Timnas Belanda adalah favorit saya sejak kecil. Kenapa? Karena saya sangat menyukai Patrick Kluivert," jelas Victor.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9331 seconds (0.1#10.140)