Selalu lakukan inovasi, rahasia sukses Federer

Selasa, 25 Juni 2013 - 11:21 WIB
Selalu lakukan inovasi, rahasia sukses Federer
Selalu lakukan inovasi, rahasia sukses Federer
A A A
Sindonews.com - Sepuluh tahun yang lalu, Roger Federer menjalani laga babak pertama Wimbledon melawan Hyung-Taik Lee. Dan itu menjadi awal pembuatan sejarahnya di Wimbledon. Kini, dia kembali lagi ke Wimbledon dengan harapan meraih gelar kedelapannya.

Selama kurun waktu satu dasawarsa ini, Federer telah mengalami perkembangan dan kematangan dalam permainan. Dan itu dibuktikannya dengan meraih kemenangan mudah 6-3, 6-2, 6-0 atas petenis Rumania, Victor Hanescu. Namun, kendati selalu unggul dalam lima pertemuan sebelumnya dengan Hanescu, Federer masih sempat memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

"Saya mengepak tas saya tetap untuk kebutuhan selama lima set setiap saat," jelas Federer. "Jadi saya senang bahwa semuanya berjalan dengan baik di luar sana hari ini. Maksudku, di babak pertama, kami telah melihat kekalahan mengejutkan terlalu sering terjadi. Saya selalu akan memberikan kredit kepada Victor."

Federer mengakui bahwa dirinya merasa harus melakukan banyak penyesuaian dibanding ketika kali pertama tiba di Wimbledon. "Hari ini, karena saya lebih kuat, karena saya memiliki pengalaman, karena saya telah bermain begitu banyak, saya keseluruhan pemain yang lebih lengkap. Dalam 10 tahun, banyak yang telah berubah: teknologi raket, string, bola, kecepatan lapangan. Semua hal ini memiliki dampak besar pada permainan. Saya juga harus menyesuaikan sesuai untuk itu."

"Jika permainan masuk ke servis dan voli, itulah yang akan saya lakukan juga. Saya harus menyesuaikan diri dengan keadaan. Jujur, sebagai pemain tenis, Anda tidak boleh berhenti mengerjakan sesuatu. Saya selalu percaya semua kekuatan Anda membutuhkan pekerjaan dan semua kelemahan Anda juga perlu bekerja."
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7985 seconds (0.1#10.140)