FIA kurangi batas kecepatan di Pitlane

Selasa, 23 Juli 2013 - 23:20 WIB
FIA kurangi batas kecepatan di Pitlane
FIA kurangi batas kecepatan di Pitlane
A A A
Sindonews.com - Federasi Otomotif Internasional (FIA), resmi mengeluarkan peraturan baru mengenai batas kecepatan jet darat F1 kala berada di pitlane. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi peristiwa serupa yang dialami juru kamera FOM, Paul Allen di Grand Prix Jerman, awal bulan ini.

Sebenarnya peraturan tersebut awalnya direncanakan baru akan berlaku pada tahun 2014 mendatang. Namun peristiwa yang menimpa Allen membuat FIA tergerak untuk mempercepat program tersebut.

Seperti dilansir Planetf1, Selasa (23/7/2013) seiring dengan persetujuan World Motor Sport Council (WMSC), peraturan ini akan diberlakukan tepat di Grand Prix Hungaria, akhir pekan ini. Nantinya, kecepatan di pitlane akan dikurangi dari 100 km per jam menjadi 80 km per jam.

Selain dirancang untuk menambah faktor keamanan di area pitlane, perubahan ini juga akan menambah dampak baru bagi para mekanik di tim F1. Pasalnya, mereka harus merancang kecepatan yang sama baiknya pada sesi latihan maupun balapan nantinya.

Sementara itu, WMSC juga memberikan peraturan mengenai para mekanik yang berada di area pitlane. Melihat pasal 23.11 mengenai peraturan di dalam F1, maka seluruh staf harus mengenakan pelindung kepala.

"Semua personel tim yang melaksanakan pekerjaan pada mobil F1 baik saat menjalani balapan maupun berada di pit-stop, maka mereka harus memakai pelindung kepala," demikian pernyataan resmi WMSC.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6924 seconds (0.1#10.140)