Grosjean lolos dari sanksi

Minggu, 28 Juli 2013 - 13:13 WIB
Grosjean lolos dari sanksi
Grosjean lolos dari sanksi
A A A
Sindonews.com - Romain Grosjean bisa bernapas lega setelah Federasi Otomotif Internasional (FIA) tidak memberikan sanski kepada pembalap Lotus Renault ini, terkait kegagalan tes keamanan pasca menjalani sesi kualifikasi, Sabtu (27/7) kemarin. Dengan demikian, ia tetap menduduki peringkat ketiga dalam balapan di Grand Prix Hungaria nanti.

Menurut FIA, Grosjean yang mengendarai jet darat E21 dibelokkan lebih dari lima milimeter vertikal ketika beban diterapkan. Sedangkan mobil Lewis Hamilton (Mercedes) dan Sebastian Vettel (Red Bull) tidak. Namun tim berpendapat bahwa masalah ini akibat dari mobil menabrak trotoar selama putaran kedua kualifikasi pada Sabtu sore.

Setelah mendengarkan penjelasan Lotus, akhirnya semua pihak yang ikut dalam pertemuan itu menerima dan tetap membiarkan Grosjean memulai balapan dari posisi ketiga.

"Berdasarkan telemetri, jelas mobil mengalami dampak selama menjalani sesi kualifikasi di Q2, akibat menghantam kerb di tikungan menjadi 11,1 g," demikian pernyataan resmi yang dirilis oleh Steward F1 Hungaria dilansir Crash, Minggu (28/7/2013).

"Ini adalah kesimpulan semua pihak yang sudah menerima penjelasan dari tim Lotus. Akibatnya mobil gagal untuk memenuhi persyaratan pasal 3.17.5. Dengan demikian ini dianggap sebagai kasus kerusakan akibat kecelakaan, bukan kasus ketidakpatuhan, dan kami tidak akan memberikan sanksi kepada Grosjean," tutupnya.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8628 seconds (0.1#10.140)