Menpora buka lomba panahan

Minggu, 01 September 2013 - 23:16 WIB
Menpora buka lomba panahan
Menpora buka lomba panahan
A A A
Sindonews.com - Menpora Roy Suryo , hari Minggu (1/9) membuka kejuaraan Gladhen Hageng Jemparingan Ngayogyakarta 2013 di Alun-alun Selatan, Yogyakarta. Menpora dan kedua deputinya, bersama panitia dan peserta berbusana adat Yogya.

Dalam sambutannya Menpora menyatakan apresiasi digelarnya kejuaran tersebut yang sekaligus juga untuk memperingati Haornas yang jatuh pada tanggal 9 September nanti. “Olahraga adalah milik masyarakat, merekalah yang menciptakan dan membangun olahraga itu sendiri. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih kegiatan panahan ini sekaligus menyambut Haornas” ujar Menpora dalam keterangan persnya.

Lomba olahraga panahan ini terbilang unik. Lomba yang diikuti sekitar 300 peserta ini memang tidak berbeda dengan Lomba Panahan lainnya, aturannya pun mengikuti standar dari Perpani (Persatuan Panahan Indonesia). Hanya saja, sasaran panah adalah bandolan atau orang-orangan dan para pesertanya juga menggunakan pakaian tradisional Jawa. Dengan menggunakan orang-orangan, penilaian dari lomba ini bervariasi. Bila mengenai kepala mendapat nilai tertinggi tiga, sedangkan yang mengenai badan mendapat nilai dua dan kaki mendapat nilai satu.

Lomba yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY dan Balai Pemuda dan Olahraga DIY bersama komunitas Jemparingan dan didukung Kemenpora ini digelar untuk membangun wadah pengembangan dan pembinaan bagi penggiat olahraga tradisional jemparingan gaya Mataram Jawi di Yogyakarta. Menurut Menpora kegiatan olahraga ini harus dilestarikam agar tujuan dari olahraga tersebut tercapai.

“Haornas merupakan sebuah momen dimana olahraga menjadi bagian dari masyarakat yg diekspresikan melalui berbagai kegiatan olahraga tersebut. Oleh karena itu masyarakat diajak bersama-sama untuk melestarikan dan meningkatkan agar tujuan dari olahraga, yaitu untuk menyehatkan masyarakat menjadi kenyataan,” kata Menpora.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7160 seconds (0.1#10.140)