Nelayan gelar lomba dayung tradisional

Kamis, 19 September 2013 - 18:43 WIB
Nelayan gelar lomba dayung tradisional
Nelayan gelar lomba dayung tradisional
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 27 tim beradu kecepatan mengayuh perahu dayung tradisional di pesisir pantai utara Kota Pasuruan. Tim dayung ini kesemuanya berasal dari masyarakat nelayan Kecamatan Panggungrejo sangat antusias mengikuti lomba.

Lomba perahu dayung tradisional ini kembali digelar setelah bertahun-tahun vakum. Karenanya, saat lomba dayung digelar, sebagian nelayan memilih libur berlayar kelaut untuk mencari ikan.

Seperti yang diungkapkan Syamsul Huda, seorang nelayan Panggungrejo. Ia sengaja libur melaut hanya untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba perahu dayung. Persiapan tersebut terutama dilakukan agar kebugaran tubuh tetap terjaga selama mengikuti lomba.

"Persiapan dengan istirahat yang cukup dan melatih kebugaran tubuh. Agar saat lomba digelar, tenaga benar-benar fit dan dapat mendayung maksimal," ujar Syamsul Huda.

Kesiapan fisik ini menjadi faktor penentu dalam mengikuti lomba. Karena meski setiap hari berada diatas perahu, para nelayan ini tidak pernah menggunakan dayung. Karena perahu yang digunakan untuk mencari ikan dilaut sudah menggunakan motor mesin.

Lomba dayung ini yang setiap tim terdiri dari lima orang ini menggunakan kompetisi sistim gugur. Tim perahu dayung ini beradu cepat mengayuh perahu nelayan sejauh 200 meter pada saat air laut pasang.

"Lomba perahu dayung ini untuk mengembalikan tradisi masyarakat nelayan yang selama bertahun-tahun dilupakan. Lomba ini sekaligus sebagai upaya merajut kebersamaan masyarakat nelayan," kata Aminurrokhman, Sekretaris DPW Partai Nasdem Jatim yang menjadi penggagas lomba perahu dayung nelayan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9109 seconds (0.1#10.140)